SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Espos)

Sebanyak tiga pasangan bakal calon (Balon) bupati/wakil bupati yang akan maju dalam pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) 3 Juni mendatang dinyatakan memenuhi syarat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Selanjutnya, ketiga pasangan tersebut akan ditetapkan di Gedung Graha Satya Praja (GSP) hari ini. Menurut jadwal seharusnya pengambilan nomor urut pasangan calon dilakukan Kamis (13/5) namun karena hari itu hari libur maka jadwal penetapan digabungkan dengan jadwal pengambilan nomor urut.

Ekspedisi Mudik 2024

Ketua KPU, Kuswanto menjelaskan, penatapan Balon bupati/wakil bupati dilakukan di GSP pada Rabu (11/5). “Penetapan memang dilakukan besok (hari ini-red) di GSP. Untuk sementara dari tiga Balon yang ada kami nyatakan memenuhi syarat,” jelasnya ketika dijumpai wartawan di sela-sela Seminar Pendidikan Politik Pemilukada Bagi Elemen Masyarakat di Daerah Tahun 2010 dengan tema Peranan Ormas/LSM dalam Mensukseskan Pemilukada Kabupaten Sukoharjo 2010,  Selasa (11/5).

Terkait adanya pelaporan kepada dua orang Balon, Kuswanto menjelaskan, tidak masalah. “Soal laporan mengenai ijazah palsu sekarang ini sudah tidak ada masalah. Kami sudah mendapat konfirmasi dari Rektor Universitas Slamet Riyadi (Unisri) mengenai keabsahan ijazah Titik Bambang Riyanto (TBR),” jelasnya. Dengan demikian, Kuswanto menambahkan, yang bersangkutan dinyatakan memenuhi syarat sebagai calon bupati.

Hal yang sama, lanjut Kuswanto, juga terjadi pada pelaporan mengenai perbuatan tercela Wardoyo Wijaya lantaran  yang bersangkutan pernah terkena sanksi pidana. “Laporan mengenai Pak Wardoyo sampai sekarang pun tidak bisa dibenarkan karena pasal perbuatan tercela dalam UU 12/2008 sudah dihapus,” jelasnya. Dengan demikian, Kuswanto menambahkan, Wardoyo pun memenuhi syarat sebagai calon bupati.

Masih terkait rencana penetapan Balon bupati/wakil bupati hari ini, Kuswanto menjelaskan, akan diiringi pula aksi unjuk rasa lebih dari 1.000 orang. “Berdasarkan pemberitahuan yang kami terima, besok (hari ini-red) akan ada aksi unjuk rasa kurang lebih 1.500 orang yang memprotes penetapan TBR. Mereka yang ikut aksi unjuk rasa berasal dari Soloraya,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Pertahanan Masyarakat (Kesbangpolinmas), Lasiman menjelaskan, pihaknya sudah menggelar pelatihan kepada 344 anggota Hansip/Linmas. Mereka yang dilatih itu nantinya ditugaskan untuk menjaga keamanan saat Pilkada berlangsung bekerjasama dengan Polres setempat. Pengamanan juga termasuk acara penetapan yang berlangsung hari ini. aps

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya