KPPU Temukan Harga Obat Covid-19 Lebih Mahal 14 Kali Lipat dari HET

KPPU menemukan harga obat terapi pasien Covid-19 melebihi HET di platform dagang elektronik maupun di apotek.

 Ilustrasi obat Covid-19. (Antara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi obat Covid-19. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menemukan masih ada penjual yang mematok harga obat terapi untuk pasien Covid-19 melebihi ketentuan harga eceran tertinggi atau HET.

Padahal standar harga obat terapi Covid-19 ini sudah diatur pemerintah dalam Kepmenkes No. HK. 01.07/2021 tentang HET obat pada masa pandemi Covid-19.

Berdasarkan pantauan sementara, ada penjual yang menawarkan obat terapi Covid-19 dengan harga 14 kali lipat dari HET. KPPU menemukan harga obat terapi pasien Covid-19 melebihi HET di platform dagang elektronik maupun di apotek.

Baca juga: Pemkab Bantul Kini Punya Bantulpedia, Aplikasi Penyedia Segala Layanan Pemerintah

Harga Azithromycin 500mg tablet misalnya, melonjak berkali-kali lipat. Komisioner KPPU Ukay Karyadi mengatakan pihaknya sudah melakukan penegakan hukum terkait pelanggaran harga obat pada masa pandemi Covid-19.

Kendati demikian, komisi belum bisa memberikan informasi lebih banyak karena masih dalam penyelidikan awal.

“Ini baru sampai ke fase mengadvokasi kebijakan agar pemerintah segera melakukan perbaikan, baik dari segi kebijakan dan ke level implementasinya,” ujar Ukay dalam konferensi pers virtual, Jumat (30/7/2021), seperti dikutip Bisnis.com.

Baca juga: Dihantam Habis Corona Plus PPKM, Paguyuban Pedagang Malioboro Kibarkan Bendera Putih

Pantauan Sementara

Berdasarkan hasil pantauan sepekan pertama PPKM diberlakukan, KPPU menemukan harga Azithromycin 500mg tablet di Tokopedia bisa mencapai Rp79.000 per strip (1 strip= 10 tablet). Sedangkan di Bukalapak harga obat yang sama dijual seharga Rp26.000 per tablet.

Sementara itu, HET yang diatur Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk obat tersebut adalah Rp1.700 per tablet. Dengan kata lain, harga jual obat ini di e-commerce tersebut mencapai 14 kali lipat dari HET.

Sedangkan untuk penjualan di apotek, ada kenaikan harga juga obat terapi Covid-19, meskipun tidak setinggi di platform dagang elektronik.

Baca juga: Cuekin Gubernur Ganjar Saat Kunjungan ke Kendal, Mendagri Minta Maaf

Harga yang melebihi batas eceran tertinggi ditemukan di Provinsi Banten. KPPU menemukan harga Favipiravir 200mg produksi PT Kimia Farma Tbk. (KAEF) mencapai Rp55.000 per tablet.

Harga yang melebihi HET juga ditemukan untuk obat jenis Avicov (nama generik: Favifirafir) yang dijual dengan harga Rp65.000 per tablet. Sesuai dengan ketentuan Kemenkes, HET untuk obat tersebut adalah Rp22.500 per tablet.

Baca juga: Soloraya Masuk, Ini Daftar Lengkap Wilayah yang Dapat Jatah Subsidi Gaji Rp1 Juta

Masih di Provinsi Banten, harga Remdesivir 100mg/vial injeksi paten dijual dengan merek Remdac dan Covifor senilai Rp1.550.000 dan Rp1.800.000 per vial.

Mengacu kepada ketentuan Kemenkes, HET untuk obat tersebut adalah Rp510.000 per vial. Harga obat yang melebihi batas ketentuan pemerintah juga ditemukan di DKI Jakarta.

KPPU menemukan harga Favipiravir 200mg produksi Kimia Farma dan juga merek lain, seperti Avigan, Avicov, Favikal berkisar antara Rp30.000-Rp130.000 dari HET hanya Rp22.500 per tablet.

Berita Terkait

Berita Terkini

Catat, Penonton Bioskop Harus Sudah Vaksin Lengkap

Sejumlah bioskop di Soloraya kembali beroperasi pada Kamis (16/9/2021). Meskipun demikian, pengunjung mesti mematuhi aturan agar bisa nonton film di layar lebar.

Tumbuh Signifikan, Transaksi Saham di Soloraya Tembus Rp3,369 Triliun

Jumlah investor dan nilai transaksi di pasar saham Soloraya melejit signifikan pada 2021. Bahkan, nilai transaksi saham ini tembus Rp3,369 triliun pada Agustus 2021.

Susul Solo dan Jakarta, Pengguna Indosat Ooredoo di Surabaya Bisa Nikmati 5G

Indosat Ooredoo bermitra dengan Nokia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Oulu Finlandia, meluncurkan Nokia 5G Experience Center

 Indosat (ISAT) dan Tri Bergabung Dirikan Indosat Ooredoo Hutchison

Merger ISAT dan Tri disepakati oleh masing-masing induk usaha melalui penandatanganan transaksi definitif untunk penggabungan bisnis telekomunikasi di Indonesia dengan nama Indosat Ooredo Hutchison.

Tempati Kantor Baru di Solo, BPRS CSU Berkomitmen Bantu UMKM

Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) BRS Central Syariah Utama (CSU) resmi menempati kantor barunya di Jalan Rajiman No 439 Laweyan, Solo, pada Rabu (14/9/2021).

BP Jamsostek Gelar Vaksinasi Sasar Ojol di Terminal Tirtonadi

BP Jamsostek menyelenggarakan program vaksinasi Covid-19 untuk pengemudi ojek online dan masyarakat umum di Convention Hall Terminal Tirtonadi,

Mau Menangkan Persaingan Pasar, Harus Punya 5 Jurus

Event roadshow marketing Indonesia Marketeers Festival, kembali lagi untuk ke sembilan kalinya.

Kurangi Limbah Makanan, Nava Hotel Prakarsai Gerakan Anti Food Waste

Nava Hotel turut serta mendukung upaya pemerintah dalam program GRASP 2030 atau Gotong Royong Atasi Susut dan Limbah Pangan 2030 melalui kampanye Anti Food Waste.

Tarif Gratis Selama Uji Coba Selesai, Segini Tarif Normal KA Bandara YIA

KAI memberlakukan tarif Rp0 selama masa sosialisasi layanan Kereta Api (KA) Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

Klaim BPJS Ketenagakerjaan Diprediksi Membengkak hingga Rp40,6 Triliun

Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek memproyeksikan klaim jaminan sampai dengan akhir tahun ini akan membengkak dari perkiraan awal.

Dukung PON XX Papua, PLN Gelontorkan Rp313 Miliar

PT PLN (Persero) mengucurkan dana Rp313 miliar untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Rencana Diproduksi pada 2022, Harga Vaksin Merah Putih Dipatok Rp71.000 Saja

PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia menyampaikan Vaksin Merah Putih yang diproduksi perusahaan rencananya dijual di bawah US$5 atau Rp 71.000.

Sukses Berbisnis Ikan Cupang, Siswa SMP Ini Bisa Ekspor ke Singapura dan Malaysia

Pandemi Covid-19 bukan halangan bagi mereka yang terus bergerak dan mencari peluang-peluang bisnis, salah satunya Elang Kamil, pemilik Elbetta Cupang.

Kompak Naik! Cek Harga Emas Pegadaian Kamis 16 September 2021

Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (16/9/2021) meningkat untuk cetakan UBS dan Antam.

Bioskop di Soloraya segera Buka, Begini Persiapannya

Sejumlah mal di Soloraya tengah mempersiapkan diri jelang pembukaan bioskop yang telah diperbolehkan buka oleh pemerintah pusat pada masa PPKM level 2 dan 3.