SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Komunitas Peduli Kesehatan Perempuan (KPKP) akan menggelar pemeriksaan leher rahim gratis (IVA test) besok, Minggu (18/12), di Pendopo Kecamatan Gamping, Sleman. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka peringatan Hari Ibu.

“Kami bekerja sama dengan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) untuk pemeriksaan tersebut,” ujar Humas KPKP, Mekar Emilianingsih saat berkunjung ke kantor Harian Jogja, Jumat (16/12).

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Selain pemeriksaan leher rahim gratis, KPKP juga akan menggelar talkshow dengan tema Siap Sambut Menopause yang akan menghadirkan praktisi kesehatan, dr Muzayannah Sp.OG dan Dr Rahma Widyana M.Psi. Menurut Mekar, tema menopause dipilih berdasarkan pengalaman pendampingan yang mereka lakukan di masyarakat. “Artinya memang banyak wanita yang dalam tanda kutip gelisah menghadapi masa menopause, padahal mereka belum mendapat informasi detailnya,” ujar dia.

Hal senada disampaikan Ketua KPKP, Anisyah Dwi Puspita. Menurut dia, penyampaian informasi yang benar kepada masyarakat khususnya perempuan akan membuat persoalan menopause mampu dihadapi lebih bijaksana. Karena itulah, ia mengaku, pihaknya rutin menggelar sosialisasi terkait kesehatan perempuan langsung ke komunitas perempuan. “Harapannya ke depan kegiatan seperti ini bisa berkembang ke lingkup yang lebih luas, bahwa pendampingan seperti ini memang perlu,” kata dia.

KPKP saat ini beranggotakan 20 orang yang berasal dari berbagai latar belakang, termasuk beberapa anggota pria. Saat ini mereka tengah mengembangkan pendampingannya di wilayah Gamping, Sleman dan sekitarnya.(Harian Jogja/Galih Kurniawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya