SOLOPOS.COM - Jimly Asshiddiqie (JIBI/Solopos/Antara)

KPK vs Polri masih jadi topik hangat. Tim independen bentukan Jokowi punya waktu 30 hari untuk membuat rekomendasi terkait konflik KPK dengan Polri.

Solopos.com, JAKARTA – Tim independen yang dibentuk Presiden Joko Widodo memiliki waktu 30 hari untuk mengumpulkan fakta dan membuat rekomendasi penyelesaian masalah yang melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jimly Asshiddiqie, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, mengatakan tim yang beranggotakan sembilan orang dari unsur akademisi, mantan pimpinan KPK dan Polri itu memiliki masa tugas 30 hari, dan dapat diperpanjang satu kali selama 30 hari.

“Kepres [Keputusan Presiden]-nya sudah ada, tinggal ditandatangani Presiden,” katanya di Kantor Sekretariat Negara, Selasa (27/1).

Tim yang dinamai Tim Penyelesaian Hubungan Lembaga Penegak Hukum dan Lembaga Lainnya Dalam Rangka Pemberantasan Korupsi itu diketuai Syafii Maarif, Jimly Asshidiqie sebagai wakil ketua, dan Hikmahanto Juwana menjadi sekretaris tim.

Kemudian, Erry Riyana Hardjapamekas, Tumpak Hatorangan Pangabean, Bambang Widodo Umar, Oegroseno, Sutanto, dan Imam Prasodjo sebagai anggota tim tersebut.

Jimly menuturkan keberadaan mantan pimpinan KPK dan Polri dalam tim tersebut tidak akan mempengaruhi kemandiriannya dalam bekerja. “Meraka tidak bisa lagi disebut mewakili KPK atau Polri, karena mereka adalah negarawan yang independen dan mampu memberi masukan kepada Presiden,” ujarnya.

Menurutnya, tim tersebut bertugas mencari fakta, dan akar masalah untuk kemudian mengusulkan solusi penyelesaiannya kepada Presiden. Usulan tersebut pun dapat diberikan kapan saja, sesuai kebutuhan untuk menyelesaikan masalah.

“Usulan itu juga bisa terkait orang Polri yang ditangani KPK, dan orang KPK yang ditangani Polri,” ucapnya.

Tim tersebut juga nantinya memiliki kewenangan untuk mendatangi dan mengundang pihak terkait untuk mendapatkan fakta yang diperlukan. Akan tetapi, tim tersebut tidak akan mencampuri proses hukum yang sedang berjalan di kedua lembaga itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya