SOLOPOS.COM - (Bisnis Indonesia)

(Bisnis Indonesia)

JAKARTA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan segera membuat pernyataan publik terkait polemik Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi. Presiden akan juga akan bersikap terkait dengan  rencana revisi UU KPK.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tadi pagi Presiden menelepon saya, dan menyatakan segera akan membuat pernyataan publik tentang situasi Polri dan KPK,” kata Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/10/2012).

Menurutnya, dirinya diminta memberikan beberapa masukan dan melaporkan perkembangan situasi terkini, mengenai persoalan tersebut. Setelah mendapatkan informasi tersebut, Presiden akan menyampaikan sikap secara terbuka.

“Mungkin dalam satu atau dua hari ini. Saya harap media massa dapat meliput dan menyampaikannya segera pada masyarakat,” terangnya.

Jumat (5/10/2012), masyarakat dikejutkan dengan kehadiran anggota Polri dalam jumlah banyak ke KPK. Beragam kabar pun beredar soal pencidukan anggota Polri yang bertahan menjadi penyidik KPK, oleh Provost.

Sebagai reaksi, masyarakat dan pegiat anti-korupsi berbondong-bondong menyambangi KPK, bertahan hingga Sabtu.

Dalam kesempatan itu, Denny menyampaikan bahwa presiden juga menyinggung soal Revisi UU KPK yang tengah bergulir di DPR.  Presiden, ungkapnya, menyatakan kalau revisi UU KPK adalah untuk mengefektifkan KPK agar pemberantasan korupsi lebih baik, maka Pemerintah akan melihat rancangannya.

“[Tapi] kalau [revisi UU KPK] untuk melucuti kewenangan strategis KPK dan menyebabkan KPK tak efektif, saya (Presiden) tidak setuju,” kata Denny menirukan kalimat Presiden.

Sikap Presiden terkait revisi UU KPK, menurut Denny sama seperti ketika perumusan RUU Pengadilan Tindak Pidana Korupsi bergulir pada 2009.

JIBI/Bisnis Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya