KPK Terjun ke Sragen, Soroti Aset dan Pendapatan Pemkab

Masih adanya aset Pemkab Sragen yang belum bersertifikat menjadi sorotan perwakilan KPK yang berkunjung ke Bumi Sukowati untuk melakukan supervisi.

 Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati (tengah), mengikuti rapat koordinasi dengan pejabat KPK dan didampingi para pejabat Pemkab Sragen di Aula Sukowati Setda Sragen, Selasa (12/4/2022). (Istimewa/Tatag Prabawanto)

SOLOPOS.COM - Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati (tengah), mengikuti rapat koordinasi dengan pejabat KPK dan didampingi para pejabat Pemkab Sragen di Aula Sukowati Setda Sragen, Selasa (12/4/2022). (Istimewa/Tatag Prabawanto)

Solopos.com, SRAGEN — Pejabat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terjun ke Sragen dalam upaya monitoring pencegahan korupsi di Bumi Sukowati, Selasa (12/4/2022). Banyaknya aset tanah Pemkab Sragen yang belum bersertifikat dan potensi pendapatan daerah dari sektor pajak dan retribusi menjadi catatan KPK dalam pertemuan itu.

Perwakilan KPK yang hadir pagi tadi adalah Kasatgas Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi Wilayah III, Udaing Juharudin, bersama rombongan. Kedatangan mereka disambut Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Aula Sukowati Sekretariat Daerah (Setda) Sragen. Pertemuan dilakukan secara tertutup.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“KPK hadir ke Sragen untuk monitoring. Catatannya MCP [monitoring centre for prevention] supaya dipertahankan, target sertifikasi aset harus kelar di 2022, serta target pendapatan daerah dari sektor pajak dan retribusi. Angka MCP Sragen 94,09% harus dipertahankan. Kemudian aset yang berlum bersertifikat mencapai 487 bidang harus beres di tahun ini, termasuk pajak dan retribusi,” ujar Bupati Yuni.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Dipuji KPK sebagai Gubernur Pencegah Korupsi

Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Tatag Prabawanto, yang ikut dalam forum itu menerangkan KPK meminta Sragen menertibkan aset Pemkab dengan status kepemilikan yang sah dan intensifikasi pendapatan daerah. “Pengelolaan aset sudah tertib, tetapi ada yang belum bersertifikat, seperti jalan. Satu ruas jalan itu bisa memiliki banyak sertifikat. Sementara untuk pendapatan daerah harus menghitung potensi riilnya,” terang dia.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Sragen, Dwiyanto, menerangkan untuk sertifikat aset memang ditargetkan selesai tahun ini. Dia mengatakan pada APBD 2022 sudah dialokasikan Rp70 juta, kekurangannya ditambahkan di APBD Perubahan 2022, senilai Rp500 juta.

“Kami akan lihat hasil ukur dan estimasi jumlah sertifikatnya sebagai pertimbangan dalam pengalokasian anggaran di perubahan. Untuk target pajak di 2022 mencapai Rp91 miliar dan target retribusi 2022 ada Rp15 miliar,” jelasnya.

Baca Juga: KPK Periksa Romahurmuziy Sebagai Saksi Kasus DAK 2018

Sekretaris Inspektorat Sragen, Badrus Samsu Darusi, menambahkan kunjungan KPK ini merupakan agenda rutin setiap tahun dalam upaya pencegahan korupsi. “Indikator MCP itu ada delapan area, di antaranya penganggaran, pengawasan, manajemen ASN, perizinan, pengadaan, aset, keuangan desa, dan pendapatan daerah. MCP di 2022 diharapkan bisa sampai 95% dan sekarang sudah on progress. Untuk meningkatkan MCP itu salah satunya dengan penyelesaian sertifikat aset dan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD),” jelasnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      + PLUS Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.

      Berita Terkini

      Proyek Simpang Joglo Solo, Mulai Hari Ini Jl Kol Sugiyono Jadi Searah

      Mulai hari ini, Selasa (16/8/2022), Jl Kolonel Sugiyono, Banjarsari, Solo, berlaku dua arah menyusul dimulainya pekerjaan pemasangan pilar jembatan rel layang Simpang Joglo.

      Terus Berkurang, Kebo Bule Keraton Solo Kini Tinggal 15 Ekor

      Jumlah kebo bule milik Keraton Solo kini tinggal 15 ekor menyusul kematian empat ekor kerbau ikon kirab malam 1 Sura itu dalam waktu kurang dari sebulan terakhir.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022, Pagi Sudah Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Selasa (16/8/2022), hujan akan turun sejak pagi dan meningkat intensitasnya di malam hari.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 16 Agustus 2022, Berawan dan Hujan

      Hujan ringan masih akan mewarnai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Sukoharjo Selasa Ini: Awan Tebal Sore, Hujan Malam Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Boyolali Selasa Ini, Hujan Ringan Sore hingga Malam Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Selasa (16/8/2022), tersaji secara lengkap dalam artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Solo Selasa 16 Agustus, Hujan Bergeser ke Malam Hari

      Prakiraan cuaca Kota Solo akan hujan pada Selasa (16/8/2022) malam.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Selasa Ini: Gerimis Pukul 19.00 WIB

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Gerimis Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Target Pendapatan Daerah 2022 Naik Rp8 Miliar, Pemkot Solo Genjot Pajak

      Hasil kesepakatan Pemkot dan DPRD Solo, pendapatan daerah pada APBD Perubahan 2022 dinaikkan senilai Rp8 miliar.

      Sambut HUT RI, Warga dan Eks Napiter Boyolali Heboh Lomba Mancing Mania

      Seratusan warga Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, serta stakeholder pemerintahan di kecamatan setempat menggelar lomba memancing disertai pengibaran bendera dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI dan meningkatkan nasionalisme di desa setempat, Minggu (14/8/2022).

      Warga Solo Mau Ikut Pawai Pembangunan 2022? Buruan Daftar di Link Ini

      Pemkot Solo mengadakan Pawai Pembangunan memperingati HUT ke-77 RI pada Jumat (19/8/2022), masyarakat umum bisa ikut berpartisipasi sebagai peserta.

      Bak Model, Puluhan ODGJ Ikut Fashion Show di Griya PMI Peduli Solo

      Puluhan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ penghuni Griya PMI Peduli di Mojosongo, Solo, bergaya bak model di acara fashion show memeriahkan HUT RI.

      Sambut HUT RI, Warga Krakitan Klaten Bikin Es Puter Merah Putih

      Warijo, 62, berjualan es puter di Dukuh Bugel, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Minggu (14/8/2022) siang.

      Fix! Lapangan Pringgodani Wonogiri Jadi Lokasi Upacara Kemerdekaan RI

      Pemerintah Kabupaten Wonogiri memastikan akan melaksanakan upacara peringatan detik-detik Kemerdekaan RI di Lapangan Pringgondani, Wonokerto, Wonogiri, Rabu (17/8/2022).

      Gara-Gara Internet! Dusun Jembul Wonogiri Tak Lagi Merasa Terpencil

      Sebanyak 84 keluarga di Dusun Jembul, Desa Pasekan, Kecamatan Eromoko, Wonogiri, setidaknya dapat bernafas lega.