Tutup Iklan

KPK Tekankan Anggota DPRD Kota Madiun Harus Jauhi Korupsi

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Puluhan anggota DPRD Kota Madiun mengikuti pembekalan antikorupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Suncity Hotel Madiun, Sabtu (29/6/2019). Dalam pembekalan itu, puluhan anggota dewan diminta melaporkan barang yang diduga masuk dalam unsur gratifikasi.

Puluhan anggota DPRD Kota Madiun yang hadir dalam pembekalan itu merupakan anggota Dewan periode 2014-2019 dan anggota DPRD terpilih pada Pemilu 2019. Pembekalan antikorupsi bagi anggota dewan ini merupakan salah satu agenda dalam Road Show Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi 2019 yang dilaksanakan KPK.

Penasihat KPK Budi Santoso dalam pembekalan itu menegaskan seluruh anggota Dewan untuk tidak diperkenankan sekali-kali melakukan tindakan korupsi. Salah satu korupsi yang biasanya dilakukan yaitu berupa gratifikasi.

Dia menegaskan untuk gratifikasi sebenarnya aturannya sudah jelas. Saat anggota dewan menerima pemberian dari seseorang atau lembaga seharusnya melaporkannya. Ada waktu satu bulan untuk melaporkan pemberian tersebut.

“Jadi kalau tidak melaporkan gratifikasi ya sudah jelas ada niatan yang tidak baik,” kata dia.

Dalam pembekalan itu, lanjut Budi, pihaknya ingin menekankan pencegahan para anggota dewan supaya tidak terjebak dalam kasus-kasus korupsi.

Ia pun menyampaikan Jawa Timur merupakan provinsi yang paling banyak kasus korupsinya. Data dari KPK, mulai tahun 2014 sampai 2019 ada 85 kasus korupsi yang terjadi di Jawa Timur.

Salah satu kejadian yang menggemparkan yakni tertangkapnya Wali Kota Malang dan 41 anggota DPRD Kota Malang yang ditangkap KPK karena kasus korupsi.

“Di Kota Malang, eksekutif dan legislatif kena semua. Pemerintahannya berhenti. Karena 41 anggota dewannya keangkut semua,” kata dia.

Ketua DPRD Kota Madiun, Istono, mengatakan pembekalan ini menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk membangun pemerintahan yang bersih. Selain itu juga supaya anggota dewan bisa menjadi lebih baik dan berintegritas.

“Artinya mengedepankan kejujuran dan sikap kehati-hatian dalam memaknai aturan,” jelas dia.

Istono menuturkan anggota dewan harus memahami apa saja tindakan yang termasuk tindakan korupsi. Dia mengingatkan saat anggota dewan mendapatkan sesuatu dari seseorang yang terindikasi sebagai gratifikasi supaya dilaporkan. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya


Berita Terkait

Berita Terkini

Ukur Kecepatan Evakuasi, Warga KRB III Merapi Swadaya Gelar Simulasi

Simulasi yang dilakukan meliputi respons warga ketika ada tanda untuk berkumpul dan bersiap evakuasi hingga kecepatan warga.

Inilah Jumariyanto, Pengusaha Wonogiri yang Diganjar Penghargaan PLN

Pengusaha sukses asal Kabupaten Wonogiri, Jumariyanto, meraih penghargaan kategori Wirausaha Niaga Tangguh (Gold Appreciation) dari PT PLN (Persero), Selasa (30/11/2021) lalu.

Lisa Blackpink Dikabarkan Sembuh dari Covid-19

Tak hanya mengumumkan Lisa Blackpink sembuh dari Covid-19, agensi juga berterima kasih kepada penggemar yang sudah memberikan dukungan.

Bertambah Lagi, Korsel Laporkan Virus Corona Omicron Jadi 12 Kasus

Pemerintah Korea Selatan (Korsel) melaporkan tiga tambahan kasus virus corona Omicron sehingga menjadikan total kasus varian baru tersebut menjadi 12.

Bukan Jebakan Tikus, Petani Tanon Sragen Pilih Pasang Pagar Plastik

Sejumlah petani di Kecamatan Tanon, Sragen, memilih memakai pagar plastik daripada memakai jebakan tikus yang beraliran listrik karena berbahaya.

Wisata Heritage Diharapkan Bisa Hapus Stigma Negatif Kestalan Solo

Pengelola hotel di Kelurahan Kestalan, Banjarsari, Solo, mendukung rencana penataan kawasan sebelumnya terkenal sebagai lokasi mangkal PSK jadi tempat wisata heritage.

Peluang Indonesia Juara Piala AFF Terbuka Lebar, Ini Ulasannya

Timnas Indonesia baru akan mengawali pertandingan Kamis (9/12/2021) melawan Kamboja pada pukul 19.30 WIB.

Semeru Meletus, BPBD Klaten Siaga Antisipasi Bahaya Erupsi Merapi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten terus meningkatkan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi potensi bahaya erupsi Gunung Merapi.

J-Hope BTS Punya 8 Juta Pengikut di Spotify, Rekor Baru Solois Korsel

Sebelumnya pada 21 Agustus 2021, J-HopeBTS  melampaui 7 juta pengikut di platform serupa.

Kelelahan Hebat Minions Diklaim Penyebab Gagal Juara

Kelelahan yang dialami pasangan berjuluk Minions ini merupakan akumulasi dari panjang dan padatnya jadwal pertandingan sejak bulan Oktober di tur Eropa.

Media Asing Sebut Indonesia Batal Beli Jet Tempur Sukhoi Rusia

Media asing sektor militer pertahanan dan militer melaporkan bahwa Indonesia telah membatalkan pembelian jet tempur Rusia Sukhoi Su-35.

Tiga Warga Boyolali Jadi Korban Pengeroyokan di Colomadu Karanganyar

Tiga warga asal Boyolali mengalami luka-luka akibat keributan yang terjadi di Cafe Jazz, Colomadu, Karanganyar, Sabtu (4/12/2021) malam.

Gunung Semeru Erupsi, Warganet Serukan Pray for Lumajang di Twitter

Warganet menunjukkan kepedulian mereka terhadap warga Lumajang yang sedang mengalami musibah dengan bersama-sama menggunakan tagar pray for Lumajang di jagat Twitter.

Duka Partai Golkar, Airlangga: Segera Bantu Warga Sekitar Semeru!

Airlangga meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana DPP Partai Golkar segera membantu masyarakat yang terdampak dengan memenuhi kebutuhan dasar berupa sembako dan membagikan masker bagi para pengungsi.

+ PLUS Kedisiplinan Masyarakat Kunci Mencegah Ancaman Gelombang Ketiga

Komitmen pemerintah mengantisipasi ancaman lonjakan penularan Covid-19 memunculkan optimisme Indonesia bakal lolos dari potensi lonjakan gelombang ketiga penularan Covid-19.