Tutup Iklan

KPK Rilis Hasil Survei, Jateng Paling Antikorupsi, Begini Komentar Ganjar…

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru saja merilis hasil Survei Penilaian Integritas di 26 Lembaga Negara, Kementerian, dan Pemerintah Daerah pada 2018. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) tampil sebagai yang terbaik dalam survei itu dengan menempati urutan pertama, dengan skor 78,26.

KPK Rilis Hasil Survei, Jateng Paling Antikorupsi, Begini Komentar Ganjar…

SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru saja merilis hasil Survei Penilaian Integritas di 26 Lembaga Negara, Kementerian, dan Pemerintah Daerah pada 2018, Selasa (1/10/2019). Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) tampil sebagai yang terbaik dalam survei itu dengan meraih skor 78,26.

Menanggapi hal itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku senang dan bangga. Ia menilai keberhasilan Jateng menjadi provinsi paling berintegritas menurut KPK tak terlepas dari digitalisasi sistem dan pengawasan masyarakat.

“Setelah melakukan pembenahan sistem, dilanjutkan proses digitalisasi sistem. Yakni penerapan e-government, e-budgeting, pengelolaan gratifikasi, pelaporan LHKPN sampai pelayanan masyarakat melalui media social [medsos]. Dengan demikian siapapun bisa mengakses,” kata Ganjar, Selasa.

Selain pelaporan LHKPN yang ditegakkan, Ganjar mengaku pejabat Jateng juga konsisten dalam melaporkan penerimaan gratifikasi kepada KPK, yang jumlahnya kian menurun dari tahun ke tahun.

Ganjar juga melaksanakan lelang jabatan untuk menghindari praktik jual beli jabatan yang marak di pemda-pemda. Lelang jabatan ini menjadi bagian reformasi birokrasi yang mendapat apresiasi dari pemerintah pusat.

Setelah pembenahan dan digitalisasi sistem, Ganjar mengatakan proses selanjutnya adalah melibatkan masyarakat dalam pengawasan. Maka Ganjar mewajibkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemprov Jateng memiliki akun media sosial untuk melibatkan peran aktif masyarakat.

"Selain pengawasan, media sosial juga jadi ruang pelayanan bagi masyarakat. Bahkan tidak sedikit kami memecat ASN karena melakukan pungli dan itu berkat laporan masyarakat," katanya.

Ganjar menambahkan pemberantasan korupsi juga harus dicontohkon oleh pimpinan. Oleh karenanya, ia pun ikut turun tangan dalam melaksanakan upaya pencegahan korupsi dengan menata Inspektorat Jateng dan Badan Diklat ASN sehingga menjadi yang terbaik nasional.

Meski demikian, Ganjar mengakui jika masih ada titik-titik yang rawan tindak korupsi. Maka selain perlunya meng-update sistem, pengawasan juga harus ditingkatkan termasuk melibatkan masyarakat luas.

"Upaya terakhir yang mesti kita lakukan adalah membudayakan. Budaya Ini kan kebiasaan yang diulang-ulang. Kebiasaan tidak mau ditraktir, kita biasakan tidak ngarep-arep (berharap). Kalau ada yang mau minta tolong, kita jelaskan agar semua sesuai prosedur," katanya.

Survei yang menempatkan Jateng sebagai provinsi paling berintegritas itu dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengembangan KPK dibantu Badan Pusat Statistik (BPS) dalam kurun waktu 12 bulan, yakni sejak Juli 2017-Juli 2018. Metode survei melalui wawancara dan pengambilan sampel responden acak. Selain 120 responden internal dan eksternal, survei juga dilakukan kepada 10 responden ahli.

Dari hasil survei KPK itu, selain Jateng yang menempati urutan pertama ada juga Jawa Timur (Jatim) yang berada di urutan kedua dengan skor 74,96, disusul Sumatra Barat dengan skor 74,63. Sementara, Jawa Barat (Jabar) di urutan ketujuh dengan skor 72,97 dan DKI Jakarta di peringkat kesembilan dengan nilai 68,45.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

8 Klub Termasuk Persis Solo Ajukan Diri sebagai Tuan Rumah Liga 2

Kedelapan tim yang mengajukan tuan rumah itu adalah PSMS Medan, Sriwijaya FC, Martapura Dewa United, PSCS Cilacap, Kalteng Putra, Persiba Balikpapan, PSPS Riau, dan Persis Solo.

Tertinggi Selama Pandemi, Kasus Covid-19 Aktif Klaten Tembus 700-An Orang

Jumlah kasus positif Covid-19 aktif yang mencapai 700-an orang menjadi rekor tertinggi selama masa pandemi virus corona di Klaten.

Kreativitas 5 Zodiak Ini Dipuji Astrologi

Tahukah Anda bahwa dalam kehidupan ini ada lima zodiak dengan kreativitas yang menurut astrologi barat patut dipuji.

Muncul Klaster Pernikahan, Satgas Covid-19 Madiun Kecolongan?

Satgas Covid-19 Madiun dinilai kecolongan, karena acara resepsi pernikahan diduga tidak disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Bang Yos Dikabarkan Wafat, Putri Sutiyoso Pastikan Itu Hoaks

Melalui akun Instagram pribadinya, Renny membantah kabar yang mengatakan bahwa ayahnya, Sutiyoso telah meninggal dunia.

Waduh, BOR Pasien Covid-19 di RSUD Wongsonegoro Semarang Penuh

Tingginya BOR RSUD Wongsonegoro karena lonjakan kasus Covid-19 baik di dalam kota maupun luar Kota Semarang.

Sopir Truk Terlibat Laka Karambol Di Parangjoro Sukoharjo Sempat Mau Kabur, Begini Kronologinya

Sopir yang terlibat laka karambol di Parangjoro, Sukoharjo, sempat hendak kabur namun berhasil ditangkap warga dan diserahkan ke polisi.

116 Lulusan Pertama SMA Pradita Dirgantara Lolos SBMPTN 2021

Mengacu pengumuman SBMPTN Senin (14/6/2021), 116 alumni SMA Pradita Dirgantara diterima di berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Duh! Duit & Perhiasan Milik Wisatawan Lenyap Gegara Ini

Lupa mengunci mobil, wisatawan di Kulon Progo harus kehilangan sejumlah perhiasan dan uang senilai puluhan juta rupiah.

Waduh! Lonjakan Kasus Covid-19 Bikin Rumah Sakit di Solo Hampir Penuh

Tingkat keterisian bed rumah sakit Kota Solo hampir penuh menyusul melonjaknya jumlah kasus positif Covid-19 dalam dua pekan terakhir.

Pengasuh Ponpes Dilaporkan ke Polisi karena Sodomi Belasan Santri

Tersangka MS merayu para santri dengan menggunakan tablet namun dengan syarat bersedia menjadi pelampiasan nafsu bejatnya.

Piala Wali Kota Solo Siap-Siap Kehilangan Bhayangkara FC

Arema FC dan Dewa United memastikan tetap ikut serta di Piala Wali Kota meski pelaksanaan diundur