KPK kunjungi kediaman Yudhoyono di Cikeas

JAKARTA: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi kediaman calon presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas Indah, Bogor, Selasa (19/5), untuk mengklarifikasi laporan harta kekayaan.

Tim KPK yang menyambangi kediaman Yudhoyono itu diketuai oleh Direktur Pencegahan KPK Eko Tjiptadi. Tim KPK berada di rumah pribadi kepala negara tersebut sekitar 2 jam, mulai pukul 10.00-12.00 WIB.

Kedatangan KPK tidak akan dilayani secara langsung oleh Yudhoyono dan istrinya Ani Yudhoyono karena saat KPK berada di Cikeas Presiden beserta istri tengah berada di Istana Merdeka, Jakarta, untuk menyambut Amir Qatar Sheikh Hamad Bin Khalifa Al-Thani, beserta istrinya, Sheikha Mozah Bint Nasser Al Missned.

"Tidak ada masalah KPK mengklarifikasi kekayaan saat Yudhoyono tidak berada di Cikeas. Kami hanya memeriksa harta kekayaan sesuai atau tidak dengan yang dilaporkan," ujar Eko.

Dia mengatakan,  sebagai Presiden, Yudhoyono terakhir kali melaporkan harta kekayaan pada KPK pada 2 Juli 2007. Saat itu,Yudhoyono tercatat memiliki kekayaan senilai Rp7,144 miliar dan US$44.887.

Mengacu ketentuan Pasal 5a dan pasal 14 UU Pilpres, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberi batas waktu hingga 16 Mei 2009 bagi para capres dan cawapres untuk melaporkan harta kekayaan mereka. setelah para calon melapor, KPK kemudian menyambangi rumah setiap calon untuk mengklarifikasi harta yang dilaporkan.
 (Antara)

Avatar
Editor:
Budi Cahyono


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom