KPK Kumpulkan Bukti Kasus Mobile Crane Pelindo II, Tapi Terkendala Ini

KPK Kumpulkan Bukti Kasus Mobile Crane Pelindo II, Tapi Terkendala Ini

SOLOPOS.COM - Harbour mobile crane (HMC) milik Pelindo II disegel penyidik Bareskrim Polri, Jumat (28/8/2015) siang. (Ahmad Mabrori/JIBI/Bisnis)

KPK terus mengumpulkan bukti kasus mobile crane di Pelindo II hingga hari ini.

Solopos.com, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan pengumpulan bukti kasus pengadaan crane dengan tersangka mantan Direktur Utama PT Pelindo II, RJ Lino.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan bahwa upaya pengumpulan bukti itu saat ini dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan terhadap para saksi yang dinilai mengetahui persis pengadaan crane tersebut.

Pada Kamis (9/2/2018), penyidik KPK melakukan pemeriksaan terhadap mantan Direktur Teknik PT Pelindo II, Ferialdy Noerlan; Senior Manager Peralatan PT Pelindo II, Haryadi Budi Kuncoro; serta Wahyu Hardiyanto, salah seorang pegawai BUMN tersebut.

“Penyidik mengkonfirmasi pada saksi tentang proses pengadaan crane tersebut secara rinci seperti apa termasuk klarifikasi pengetahuan saksi terkait penunjukan rekanan dan besaran biaya yang dibayar,” katanya.

Dia melanjutkan, sembari memeriksa para saksi, saat ini KPK tengah melakukan koordinasi dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait finalisasi audit. Dalam audit itu, selain menghitung kerugian negara, KPK juga ingin mempertajam unsur melawan hukum dalam pengadaan crane tersebut.

Saat ini KPK masih memiliki kendala mendapatkan informasi dari China, negara tempat crane bermasalah tersebut diproduksi. Kebutuhan informasi yang dimaksud adalah informasi harga perkiraan crane di China sehingga KPK bisa melakukan perbandingan apakah ada penggelembungan harga atau mark up dalam kasus di Pelindo II tersebut.

“Hal ini berbeda dengan penyidikan kasus dugaan suap terkait pembelian pesawat Airbus dan mesin Rolls Royce oleh PT Garuda Indonesia Tbk., yang aspeknya sama-sama lintas negara, namun KPK bisa mendapatkan informasi secara cepat,” terangnya.

Penyelidikan dan penyidikan kasus korupsi pengadaan crane bermula dari laporan Serikat Pekerja Pelindo II pada 2014 yang menduga terjadi upaya penyalahgunaan wewenang untuk memperkaya diri sendiri yang dilakukan oleh RJ Lino. Lino diduga melakukan penunjukan langsung kepada perusahaan asal China Wui Huadong Heavy Machinery Co Ltd sebagai penyedia crane.

Lino dijerat oleh KPK dengan Pasal 2 Aayat 1 dan atau Pasal 3 Undang-undang (UU) No. 31/ 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana diubah dalam UU No.20/2001 juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

Berita Terkait

Berita Terkini

Israel Tewaskan 7 Warga Palestina di Tepi Barat

Tujuh orang warga Palestina meninggal dunia pada Jumat (14/5/2021) akibat aksi kekerasan pasukan Israel yang membubarkan aksi unjuk rasa mereka.

Pengrajin Jamu Gendong Asal Sukoharjo Tak Pulang Kampung, Sebelum Ramadan Sudah Kulakan Dulu

Sebagian pengrajin jamu asal Nguter Sukoharjo memilih tidak pulang ke kampung halaman saat Lebaran 2021. Mereka kulakan bahan baku jamu dalam jumlah besar untuk menambah stok jamu sebelum bulan puasa.

Ini Alasan Mantan Tetap Ingin Berteman, Terima atau Tidak?

Ada sejumlah penyebab melandasi niatan sang mantan ingin tetap berteman.

Benarkah Makan Bawang Merah Berlebihan Bikin Bau Vagina Tak Sedap?

Makan bawang merah bisa memicu bau tak sedap pada vagina.

Partai Golkar Kecam Keras Serangan Israel ke Palestina

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan pihaknya mengecam keras serangan tentara Israel terhadap rakyat Palestina.

Penonton Liga Inggris Bisa Sepenuhnya Datangi Stadion di Musim Ini

Pengelola Premier League Inggris berencana membuka akses bagi para penonton untuk menonton di stadion pada musim 2021- 22 ini.

Duh! Sampah Petasan Kotori Alun-Alun Pengging Boyolali

Alun-Alun Pengging Boyolali dikotori dengan keberadaan sampah. Sebagian besar sampah itu adalah serpihan-serpihan kertas bekas petasan.

Makin Brutal, Pemboman Israel Tewaskan Satu Keluarga Palestina

Pemboman oleh pasukan Israel pada Kamis (13/5/2021) malam menumpas habis seluruh anggota sebuah keluarga Palestina di wilayah utara Jalur Gaza.

Ada Larangan Mudik, Bus dan Truk yang Masuk Solo Turun Drastis

Jumlah bus dan truk yang keluar masuk Kota Solo menurun drastis selama pemberlakuan larangan perjalanan mudik oleh Kementerian Perhubungan.

Satgas Covid-19 Evaluasi Kasus Selama Libur Lebaran

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan belum bisa memperkirakan apakah terjadi lonjakan kasus Covid-19 selama libur Lebaran.

Resiliensi Sektor informal

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa, 4 Mei 2021. Esai ini karya Muhammad Taufik Nandito, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyan Surakarta dan aktif di Lingkar Studi Sasadara di Kleco, Kota Solo.

Lebaran, 8 Balon Udara Dilaporkan Terbang di Langit Indonesia

Sebanyak 8 balon udara dilaporkan berada di langit Indonesia saat momentum Lebaran tahun ini. Sejauh ini, belum ada laporan balon udara melintas di langit Solo.