SOLOPOS.COM - Karakter Sandy yang disensor dari Global TV lantaran memakai bikini. (Istimewa/Kaskus)

KPI Pusat mengaku tak pernah mengintruksikan kepada televisi untuk menyensor tayangan kartun dengan cara di-blur.

Solopos.com, JAKARTA – Penyensoran sejumlah karakter kartun televisi belakangan ini menjadi sorotan publik dunia maya (netizen) yang umumnya menyatakan prihatin. Netizen bahkan ramai-ramai menyebut KPI terlalu berlebihan menetapkan aturan. Menanggapi kecaman masyarakat ini, KPI langsung merespons.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

KPI melalui laman resminya, KPI.go.id, Kamis (25/2/2016), menegaskan tidak pernah mengeluarkan regulasi penyensoran tayangan kartun sebagaimana yang dimaksud netizen. KPI juga tidak menyarankan televisi untuk menyamarkan gambar-gambar dari tayangan kartun seperti melakukan teknik yang disebut pengbluran.

Ekspedisi Mudik 2024

KPI menegaskan bahwa lembaganya bukanlah lembaga sensor. Karenanya, KPI tidak bisa meminta kepada lembaga penyiaran (stasiun televisi) melakukan pengebluran terhadap program animasi, kartun dan siaran Puteri Indonesia.

“KPI juga tidak pernah mengeluarkan kebijakan atau aturan di luar ketentuan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012,” terang KPI dalam rilisnya.

Menurut KPI, aturan yang terdapat di P3SPS KPI sudah sangat jelas menyatakan apa yang boleh dan tidak boleh ditayangkan lembaga penyiaran seperti larangan penayangan adegan kekerasan dan pornografi.

Selain itu, peraturan KPI tersebut tidak dimaksudkan untuk membatasi kreativitas insan penyiaran. Pihak lembaga penyiaran dipersilakan memperhatikan setiap program acaranya dengan cara pandang atau estetika yang memang layak dan pantas ditayangkan untuk publik.

“Dalam kesempatan ini, KPI mempersilahkan pihak media mengklarifikasi kepada stasiun televisi mengenai pengebluran pada beberapa program sehingga informasi yang disampaikan berimbang dan komprehensif,” tutup KPI dalam pengumumannya.

Pengbluran yang dimaksud KPI adalah penyensoran dengan menyamarkan gambar dengan metode filter untuk memperhalus gambar sehingga telihat samar. Blur adalah istilah untuk kekaburan seluruh atau sebagian gambar.

Seperti diketahui, beberapa waktu terakhir banyak ditemui tayangan anime dan kartun yang melakukan penyamaran gambar. Seperti kartun Spongebob yang ditayangkan Global TV dengan menyensor bagian tubuh karakter tupai perempuan, Sandy. Gambar blur Sandy bahkan sudah menuai banyak kecaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya