Sebar Video Vulgar, KPAI Sebut Awkarin Bisa Dipidana

Sebar Video Vulgar, KPAI Sebut Awkarin Bisa Dipidana

SOLOPOS.COM -

KPAI terus menyorot video vulgar yang melibarkan selebgram Awkarin.

Solopos.com, JAKARTA – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyorot aktivitas selebgram Karin Novilda atau yang akrab disapa Awkarin setelah beredar video vulgar yang melibatkan dirinya. Ketua KPAI Asrorun Ni’am mengajak masyarakat lebih cerdas dalam menggunakan media sosial, khususnya menyangkut anak-anak.

“Yang pasti, kami punya tanggung jawab untuk menyampaikan kepada masyarakat untuk cerdas dalam menggunakan sosial media, termasuk mengupload dan mengunduhnya karena di situ ada masalah hukum yang menyangkut khususnya anak-anak,” ujarnya saat ditemui di kantor KPAI, Selasa (20/9/2016).

KPAI selaku lembaga perlindungan anak langsung mengambil langkah cepat setelah beredarnya video tersebut. Mereka langsung berkoordinasi dengan sejumlah lembaga kementerian untuk menggali keberadaan unsur pidana dalam tayangan yang diunggah ke situs Youtube tersebut.

“Kami sedang bahas dengan pemerintah, Kementerian Sosial dan Kominfo yang menghasilkan temuan ada indikasi pidana di situ,” terang Asrorun seperti dikabarkan Okezone.

Jika terbukti, Asrorun bersama KPAI siap untuk mengambil langkah tegas. Ia menyatakan, Awkarin selaku pemilik dan pengunggah video itu akan langsung dilaporkan ke pihak berwajib untuk dimintai pertanggungjawaban atas peredaran video yang bertentangan dengan etika masyarakat Indonesia tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini

Begini Reaksi Jokowi saat Obat Covid-19 di Apotek Habis

Sebuah video menunjukkan Presiden Joko Widodo alias Jokowi melakukan sidak ke apotek dan mengetahui obat Covid-19 di apotek habis.

Mitra Ojol Rancang Demo Tolak PPKM, Operator Cuci Tangan

Mitra operator aplikasi ojek online dikabarkan merancang demo menolak PPKM namun operator aplikasi transportasi online cuci tangan.

Zodiak Ini Sulit Menerima Perpisahan

Tidak semua hubungan berakhir dengan bahagia, namun, astrologi barat menengarai ada insan dengan zodiak yang sulit menerima perpisahan.

Karyawan Hotel & Restoran di Garut Dapat Bansos

Karyawan hotel dan restoran anggota PHRI di Garut mengibarkan bendera putih setelah terdampak PPKM dan mulai menerima bantuan sosial nasional.

Korban Tewas Banjir di China Jadi 51 Orang

Warga terdampak bencana alam di Republik Rakyat Tiongkok semakin transparan, padahal topan disertai hujan dan banjir masih mengancam China.

Api Olimpiade Tokyo 2020 Sudah Menyala, Ini Jadwal Atlet Indonesia Sabtu 24 Juli

Petenis asal Jepang dan juara empat kali Grand Slam, Naomi Osaka, dipercaya menjadi penyulut api Olimpiade Tokyo 2020.

Luhut Pandjaitan Kenalkan Laptop Merah Putih Bikinan Lokal

Menko Marinves Luhut Binsar Panjaitan mengenalkan laptop Merah Putih bikinan dalam negeri yang memperkuat industri teknologi informasi.

Tetap Waspada! 43 Desa Di Karanganyar Endemis Demam Berdarah

Sebanyak 43 desa di seluruh wilayah Kabupaten Karanganyar terkategori sebagai wilayah endemis demam berdarah dengue atau DBD

Tampil Duluan, Ini Hasil Tim Panahan Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Pencapaian Diananda dan Ega membuat Indonesia meloloskan tim beregu campuran ke perempat final.

Percepat Vaksinasi Covid-19, Polres Sukoharjo Gandeng Mahasiswa Jadi Sukarelawan

Polres Sukoharjo menggandeng puluhan mahasiswa tingkat akhir dari sejumlah perguruan tinggi menjadi sukarelawan vaksinasi Covid-19.

Polisi Periksa 6 Saksi Kasus Suami Pasien Corona Ancam Nakes RSUD Ngipang Solo

Penyidik Polresta Solo sudah memanggil enam orang saksi dalam kasus suami pasien corona ancam nakes RSUD Ngipang, Banjarsari.

Sidang Senat ISI Solo Tetapkan 3 Calon Rektor, Ini Sosoknya

Tiga nama ditetapkan sebagai calon Rektor Institut Seni Indonesia atau ISI Solo dalam sidang senat tertutup yang berlangsung Kamis, 22 Juli.