SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KARAWANG – Black box (kotak hitam) Lion Air JT 610 di temukan kawasan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Kamis (1/11/2018). Kotak berwarna oranye tersebut ditemukan di kedalaman 30 meter di kawasan Tanjung, Karawang, Jawa Barat.

Informasi dari sorang penyelam sebagaimana dilansir Suara.com, Sertu Hendra mengatakan black box Lion Air ditemukan dengan kondisi utuh. Sampai kini Black box Lion Air JT 610 belum mendarat di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Black box berwarna orange itu disimpan dalam kotak besar putih bertutup biru ke perahu karet oleh tim SAR. Kemudian kotak hitam itu dibawa ke Kapal Baruna Jaya I.

Sejak Rabu (31/10/2018) pagi sebagaimana dilansir Antara, KR Baruna Jaya I memang telah menurunkan alat ping locator untuk melacak sinyal dari black box. Selain itu, tim Baruna Jaya juga telah menurunkan peralatan Ultra-Short BaseLine (USBL) Transponder sejak dini hari.

Alat pengendus sinyal black box itu, lanjutnya, dicelupkan ke laut sebagai upaya tambahan untuk mengoptimalkan pencarian. “USBL Transponder kerjanya mirip-mirip dengan ping locator. Kami akan memaksimalkan seluruh potensi teknologi yang ada di kapal Baruna Jaya I BPPT ini, untuk melacak sinyal black box,” kata Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan (Teksurla) BPPT M Ilyas.

Kapal Riset Baruna Jaya turut membawa pakar atau ahli Pemetaan Bawah Laut, ROV, Instrumentasi, serta tim dari KNKT selama misi untuk menemukan black box. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya