SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalanan Kota Surabaya (mappijatim.or.id)

Kota Surabaya tengah menyiapkan realisasi Jalan Lingkar Luar Timur dan Barat.

Madiunpos.com, SURABAYA — Pemerintah Kota Surabaya mulai menyiapkan desain pembangunan infrastruktur jalan lingkar luar timur (JLLT) dan jalan lingkar luar barat (JLLB). Jalan lingkar yang mengelilingi Kota Surabaya itu bakal menghubungkan jalur Suramadu dan Juanda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Badan Perencanan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Agus Imam Sonhaji mengatakan selain memasuki tahap desain jalan yang menghubungkan jalur Suramadu dan Juanda tersebut, saat ini pemkot tengah berkoordinasi dengan para pengembang yang memiliki lahan di sekitar jalan lingkar luar timur.

“Proyek lingkar luar timur dan barat ini sebetulnya sudah masuk dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), tapi memang pengerjaannya tidak mudah karena banyak pembebasan lahan yang harus diselesaikan,” katanya Jumat (15/5/2015).

Dikerjasamakan
Dia menjelaskan, proyek infrastruktur jalan yang menggunakan dana dari APBD yang tidak mencapai Rp1 triliun tersebut rencananya dikerjasamakan dengan para pengembang. Pengembang memiliki porsi 50% dalam pengerjaan JLLT maupun JLLB. Sejauh ini, pengembang seperti Pakuwon Group yang memiliki proyek perumahan mewah di kawasan Surabaya timur sudah menyiapkan fasilitas jalan.

“Nanti jalan yang dibuat oleh pengembang langsung terhubung dengan proyek jalan pemerintah. Nah itu strategi kami, dengan cara menggandeng pengembang, karena kalau tidak begitu pemkot tidak bisa membiayai semuanya sendiri,” katanya.

Agus menambahkan, selain desain jalan luar lingkar timur, Pemkot Surabaya juga akan mengebut proyek jalan lingkar luar barat terlebih dahulu mengingat di kawasan barat Surabaya kini lebih berkembang,  apalagi sudah banyak pengembang yang telah menyiapkan fasilitas jalan. Di antaranya seperti Pakuwon Group, Ciputra Group dan Intiland yang banyak mengembangkan kawasan perumahan baru.

“Rencananha jalan lingkar luar barat akan didahulukan karena pengembang sudah banyak yang siap dan menunggu,” imbuhnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya