Tutup Iklan

Kota Solo Raih Penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia 2017

 Ilustrasi kota cerdas (twicsy.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kota cerdas (twicsy.com)

Kota Solo meraih penghargaan terkait penerapan pemerintah berbasis teknologi.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo meraih penghargaan di kancah nasional. Kali ini penghargaan dalam bidang Smart City atau Kota Cerdas diraih Kota Solo terkait penerapan pemerintahan berbasis teknologi.

Penghargaan dari Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC) Institut Teknologi Bandung (ITB) ini diterima Pemkot Solo untuk empat kategori sekaligus. Adapun keempat kategori ini Ekosistem Teknologi Finansial, Ekosistem Kompetitif, Kesiapan Infrastruktur, dan Rating Sosial Cerdas.

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Ahyani di Istana Wakil Presiden, Senin (11/12/2017). Ahyani mewakili Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Solo Sri Wardhani Poerbowidojo mengatakan terdapat 15 kabupaten/kota, serta provinsi di Indonesia, salah satunya Kota Solo menerima penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia 2017.

Keberhasilan Solo meraih penghargaan tersebut tak lepas dari pengembangan infrastruktur teknologi informasi di Kota Bengawan yang terus dilakukan Pemkot. Programnya adalah mengintegrasikan seluruh layanan Pemkot ke dalam satu genggaman gawai melalui aplikasi Solo Destination.

Aplikasi berbasis Android yang diluncurkan sejak tiga tahun lalu memandu menjelajahi tempat wisata, informasi hotel hingga seluruh transaksi pajak, retribusi daerah dapat dilakukan secara nontunai dalam aplikasi itu. Hal ini sekaligus mendukung konsep Solo Smart City atau kota cerdas pada 2018 mendatang.

“Terobosan-terobosan dilakukan demi melayani masyarakat agar lebih mudah, murah dan tanpa pungutan liar,” katanya dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Selasa (12/12/2017).

Pengembangan teknologi informasi ini dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat menjadi salah satu indikator Solo meraih penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia 2017 untuk empat kategori sekaligus.

Aplikasi Solo Destination diciptakan Pemkot untuk mempermudah informasi dan pelayanan bagi masyarakat. Tak hanya warga Solo, aplikasi tersebut juga dapat dimanfaatkan warga negara lain yang untuk mengetahui informasi wisata.

Kepala Seksi Informatika Diskominfo SP, Taufan Regina, menambahkan aplikasi Solo Destination dapat diunduh gratis melalui Google Play Store. Bahkan sejak diluncurkan, sudah lebih 20.000 kali diunduh. Aplikasi ini terbagi menjadi dua fitur, yakni layanan masyarakat dan layanan pemerintah.

Layanan masyarakat ini seperti hotel, kuliner, informasin perizinan, dan lainnya. Sedangkan layanan pemerintah seperti e-pajak, e-retribusi, layanan administrasi kendudukan, hingga APBD.

“Sekarang yang terbaru ada fitur pendaftaran rawat jalan secara online untuk RSUD Solo. Jadi masyarakat tidak perlu ambil nomor antrean di RSUD, tapi tinggal mendaftar lewat online di Solo Destination,” kata dia.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Segera Dibentuk, Perbakin di Tiap Daerah di Soloraya

Sejumlah klub menembak seperti Senopati dan Mega Bintang yang hadir dalam Rakerkot itu mengusulkan perlu segera dibentuk pengurus Perbakin tingkat daerah

Pemerintah Untuk Sementara Tutup Pintu Masuk Indonesia

Peraturan ini dikecualikan kepada pemegang visa diplomatik dan dinas, pejabat asing setingkat menteri ke atas, beserta rombongan yang melakukan kunjungan resmi.

Dihantui Varian Omicron, Israel Ngotot Gelar Miss Universe

Peserta Miss Universe akan diberikan keringanan dengan kemungkinan menjalani tes usap PCR setiap 48 jam dan tindakan pencegahan lainnya.

Cerpen Nawang Lintang

Para penari haruslah seorang gadis suci. Kesucian mereka adalah mutlak sebagai persembahan agar Kanjeng Ratu Kidul bersedia datang menjadi penari ke-10 yang akan menyempurnakan prosesi.

Pemkot Solo Belum Punya Regulasi Larangan Jualan Daging Anjing, Tapi...

Pemkot Solo hingga kini belum memiliki aturan yang melarang jual beli daging anjing dan hanya fokus pada upaya mencegah penyakit menularnya.

Tips Menghemat Listrik Kala WFH

Sebaiknya terapkan tips menghemat listrik kala WFH agar tagihan tidak membengkak.

5 Negara yang Tetapkan Tanggal Kedaluwarsa Sertifikat Vaksin Covid-19

Saat ini semakin banyak negara mengumumkan bahwa mereka akan menetapkan tanggal kedaluwarsa untuk sertifikat vaksin.

The Minions Cetak Sejarah Hattrick di Indonesia Open

Marcus/Kevin juga mencetak sejarah dengan menjadi satu-satunya ganda putra yang mencetak hattrick di ajang Indonesia Open.

Jennifer Bachdim Batalkan Liburan ke Belanda, Ini Penyebabnya

Setelah sampai Jakarta, Jennifer Bachdim justru batalkan rencana liburan ke Belanda.

Kantor Manajemen PSS Sleman Dibakar, Ini Ciri-Ciri Pelaku

Kantor Manajemen PSS Sleman dibakar orang tak dikenal saat klub sepak bola itu bertanding di Stadion Manahan Solo.

Geguritan Sri Harnoko

Nalika ratri wis gingsir, dak papak lumakuning gurit, kang nyimpen carita jaman semana, gawe ati lali mangsa

Tampil Dominan, Persebaya Ditahan Imbang Persik Kediri

Pada pertandingan sebelumnya, 24 November 2021, Persebaya mampu menggilas Persita Tangerang dengan skor mencolok 4-0 di tempat yang sama.  

PSS Sleman Kalah, Kantor Manajemen Dibakar

Kantor Manajemen PSS Sleman atau Omah Sleman dibakar oleh orang tak dikenal saat PSS Sleman melakoni laga kontra Persita Tangerang di Stadion Manahan, Solo.

Peringati Hari Menanam Pohon, 25.000 Bibit Ditanam di Hutan Madiun

Hari Menanam Pohon diperingati warga Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim), dengan menanam pohon di hutan yang kritis.

Libur Akhir Tahun, Pengelola TSTJ Solo Pasrah Ikuti Aturan Pemerintah

Pengelola objek wisata TSTJ Solo sudah bersiap menghadapi berbagai kemungkinan menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru.