SOLOPOS.COM - Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) meninjau berbagai fasilitas di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (4/6/2023). Peninjauan tersebut untuk memastikan kesiapan Stadion Manahan Solo yang akan menjadi lokasi pertandingan babak kualifikasi sepak bola Piala Asia AFC U-23 2024 pada 4-12 September 2023. (Antara/Maulana Surya)

Solopos.com, SOLO – Stadion Manahan Solo resmi digunakan sebagai tuan rumah Grup K kualifikasi Piala Asia (AFC) U-23 pada September 2023. Namun demikian, masih ada sejumlah catatan bagi Solo sebagai tuan rumah.

Sebagai tuan rumah, Indonesia tergabung bersama Turkmenistan dan Taiwan di Grup K Kualifikasi Piala AFC (Piala Asia) U-23

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Erick Thohir dalam kunjungannya ke Solo, Minggu (4/6/2023) mengatakan catatan itu hanya berupa perjalanan tim ke Indonesia. Tim tamu tetap mendarat Jakarta sebelum nantinya terbang ke Solo.

“Nanti bisa carter flight ke Solo. Memang ada catatan itu, tapi kami yakinkan AFC kita bisa. Makannya kami cek dulu standar yang belum saya cek dulu,” kata Erick.

Erick juga mengecek persiapan ruangan khusus VAR meskipun baru siap pada tahun depan. Menurutnya standarisasi stadion internasional sesuai blue print yang disampaikan kepada FIFA dan mendapat dukungan penuh Presiden sehingga Kemen PUPR yang akan merenovasi 22 stadion. Sehingga tahun depan pihaknya memberanikan diri menggunakan VAR.

“Pertandingan internasional bisa dilakukan di Solo. Sehingga kami berkomunikasi ke FIFA dan AFC agar fasilitas ini bisa digunakan untuk AFC (Piala Asia) U-23. Indonesia sebagai tuan rumah bertanding dengan Turkmenistan dan Chinese Taipe. Solo bisa menjadi tuan rumah yang baik,” kata Erick.

Dia menambahkan Kota Solo yang terkenal dengan suporter sepak bola yang fanatis serta keramahan dapat bersiap menjadi tuan rumah. Ia menyebut jangan sampai sepak bola Indonesia muncul stigma negatif di luar.

Ia menambahkan juga akan meninjau fasilitas hotel yang akan dikerjasamakan untuk tim tamu.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Solo, Rini Kusumandari, mengatakan Stadion Manahan sudah sangat baik dan siap menggelar pertandingan.

“Semuanya sudah siap. Persiapan juga sudah siap. Tinggal mengatur jadwal. Penyelenggaraan dari PSSI kami menyiapkan tempat,” kata Rini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya