Kota Semarang Raih Adipura Lagi

Kota Semarang Raih Adipura Lagi

SOLOPOS.COM - Anugerah Adipura untuk Kota Semarang. (Instagram-@hendrarprihadi)

Kota Semarang kembali meraih penghargaan Adipura dari dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Solopos.com, SEMARANG — Kota Semarang kembali meraih penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atas keberhasilan mengelola kebersihan dan lingkungan perkotaan. "Kota Semarang telah menerima penghargaan ini [Adipura] selama enam kali berturut-turut sejak 2012," ungkap Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Daerah Kota Semarang Achyani di Semarang, Kamis (3/8/2017).

Penghargaan Adipura diserahkan oleh Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar kepada Pemerintah Kota Semarang yang diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Semarang Gunawan Saptogiri di Jakarta, Rabu (2/8/2017). Menurut dia, Kota Semarang telah memenuhi standar dari sejumlah indikator penilaian, mulai kebersihan, penghijauan, termasuk ketersediaan ruang terbuka hijau (RTH) yng memadai di sejumlah fasilitas umum.

Selama dua tahun kepemimpinan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, kata dia, wajah Kota Semarang terus mengalami perubahan dan pembenahan ke arah yang positif, khususnya penambahan RTH. "Lahan-lahan tidur yang semula pasif ditata menjadi taman kota, pembenahan taman-taman yang rusak, serta penghijauan dengan berbagai pepohonan yang ditanam di fasilitas-fasilitas umum," katanya.

Mulai permukiman warga, kata dia, perkantoran, pertokoan, pasar tradisional, sekolah, pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), rumah sakit (RS), hingga terminal bus tak luput dari penghijauan. "Trotoar di jalan-jalan protokol juga tak luput dari penataan, seperti di Jl. Veteran, Jl. Imam Bonjol, Jl. Pemuda, kawasan Simpang Lima, hingga kawasan Kota Lama Semarang," katanya.

Di berbagai ruas trotoar yang ditata, kini bahkan menjadi lokasi favorit bagi anak-anak muda untuk berswafoto atau selfie yang membuktikan penataannya memang lebih indah. Meski demikian, Achyani mengakui capaian Adipura itu merupakan hasil kerja keras bersama Pemkot Semarang, Wali Kota Semarang, bersama masyarakat yang ikut menjaga kebersihan dan keindahan kotanya.

Selain itu, ia mengatakan penghargaan Adipura itu juga tidak lepas dari inovasi Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi yang berhasil mengubah kawasan kumuh menjadi indah dan revitalisasi pasar tradisional. "Salah satunya adalah Kampung Pelangi. Lingkungan yang semula kumuh di Kelurahan Wonosari bisa disulap menjadi berwarna-warni indah yang ternyata viral hingga mancanegara," pungkasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Lafal Asmaul Husna Percantik Pusat Kota Blora

Pemerintah Kabupaten Blora mempercantik seputar bundaran atau Alun-Alun dengan tiang lampu dan pernik religius lafal Asmaul Husna.

Kisah Arbain Nugroho, ASN Gunung Kidul Setia Jadi Personel Linmas di Solo

Arbain merupakan anggota Linmas Banyuanyar yang sehari-hari juga merupakan pengajar di SD Prebutan, Semin, Gunung Kidul, DIY.

Semen Gresik Gelar Kick-Off Meeting Sistem Manajemen Anti Suap

PT Semen Gresik (SG) menggelar kick-off meeting dalam rangka penerapan Standar Manajemen Mutu ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

Profil Lengkap Raditya Oloan: Dulu Pemakai Narkoba Kini Jadi Pendeta

Inilah profil lengkap dari Raditya Oloan, influencer dan juga pendeta, yang baru saja meninggal dunia setelah negatif Covid-19.

Heboh Isu Bumi Datar dalam Soal Siswa SD, Begini Jawaban Dinas Pendidikan Cimahi

Disdik Cimahi menyebut pemasangan gambar ilustrasi bumi datar tidak dimaksudkan untuk menyebarkan pemahaman bumi datar. Namun sekadar kesalahan dalam pemilihan gambar ilustrasi oleh guru.

Gakin di Magelang Jadi Sasaran Operasi Pasar Murah

Dinas Perdagangan Koperasi UKM Kabupaten Magelang, menggelar pasar murah menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah.

Pelajar yang Meninggal di Kudus Diduga Korban Pembunuhan

Polres Kudus menangani kasus meninggalnya Hanifah Khoiron Nisa, pelajar kelas XI Madrasah Aliyah asal Kecamatan Kaliwungu, yang diduga kuat karena korban pembunuhan.

Ikatan Cinta 7 Mei 2021: Ada Kabar Ricky Meninggal, Elsa Bahagia

Ini dia sinopsis singkat sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Jumat, 7 Mei 2021 yang menceritakan tentang Ricky yang dikabarkan meninggal.

800-an Calhaj Karanganyar Diusulkan Dapat Vaksin Covid-19 Dosis I

Kabupaten Karanganyar mendapat tambahan 790 vial atau setara 7.900 dosis vaksin Covid-19 pada Selasa (4/5/2021).

Tanpa Ampun, 264 Kendaraan Dipaksa Putar Balik di Pos Cemoro Sewu Magetan

Sebanyak 254 kendaraan yang kebanyakan sepeda motor dipaksa putar balik di pos penyekatan Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur.

SM dan YG Entertaintment Terlempar dari Saham Blue-Chip Korea, Ini Sebabnya

Dua dari tiga raksasa perusahaan hiburan di Korea yaitu SM serta YG Entertaintment tidak lagi masuk ke dalam klasifikasi blue-chip di perdagangan saham Korea.

Bagaimana Hukum Zakat Fitrah Bagi yang Tidak Mampu?

Bagaimana hukum membayar zakat fitrah bagi orang yang tidak mampu? Begini penjelasan dan jawaban dari Nahdlatul Ulama atau NU.