SOLOPOS.COM - Simpang Lima Kota Semarang. (Instagram @740aerialvideography)

Solopos.com, SEMARANG — Kota Semarang di Jawa Tengah, ternyata dahulunya merupakan lautan. Bahkan, pasar yang kini terletak di Semarang Barat diperkiran ratusan tahun lalu merupakan pelabuhan.

Kurang lebih pada abad ke-8 Masehi, ada daerah di Semarang bernama Pragota yang sekarang menjadi Bergota. Daerah tersebut merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Kuno yang merupakan pelabuhan dan di depannya adalah gugusan pulau-pulau kecil. Karena ada pengendapan, gugusan pulau tersebut menyatu membentuk daratan. Bagian Semarang Bawah yang dikenal sekarang ini dahulu merupakan laut.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Mengutip situs resmi DPAD Pemprov DIY, pelabuhan pada masa Kerajaan Mataram Kuno tersebut diperkirakan berada di daerah yang kini berdiri Pasar Bulu dan memanjang masuk ke Pelabuhan Simongan, tempat armada Laksamana Cheng Ho bersandar pada 1405 M. Pelabuhan Simongan kini berubah menjadi Kelurahan Ngemplak Simongan di Semarang.

Pelabuhan tersebut memanjang masuk ke Pelabuhan Simongan, tempat di mana armada Laksamana Cheng Ho bersandar pada 1435 M. Di tempat pendaratannya tersebut, Laksamana Cheng Ho mendirikan klenteng dan masjid yang sampai sekarang masih dikunjungi dan disebut Klenteng Sam Poo Kong. Hal inilah yang menjadi salah satu bukti bahwa kawasan Kota Semarang Bawah merupakan lautan.

Pasar Bulu Kota Semarang dengan tiga lantai setelah direnovasi. (JIBI/Solopos/Antara/HO-skyscrapercity.com)
Pasar Bulu Kota Semarang dengan tiga lantai setelah direnovasi. (JIBI/Solopos/Antara/HO-skyscrapercity.com)

Mengutip situs resmi Dinas Perdagangan Kota Semarang, Pasar Bulu kini berdiri kokoh di atas lahan seluas 8.451 dan berada dekat dengan Tugu Muda Semarang.

Pasar ini mengalami renovasi pada 2012 hingga 2014. Setelah direnovasi, Pasar Bulu Semarang juga diresmikan sebagai pasar tradisional digital yang mulai mengaplikasikan pembayaran non tunai dan melayani sistem belanja secara online pada 2021 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya