SOLOPOS.COM - Balai Kota Malang (JIBI/Solopos/Antara/Ari Bowo Sucipto)

Kota layak anak yang disandang Malang meningkat kualifikasinya.

Madiunpos.com, MALANG — Kota Malang meraih penghargaan Kota Layak Anak Tingkat Madya Nasional lewat keberadaan taman-taman kota, bus sekolah, dan bus wisata.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Malang  Peni Indriyani mengatakan  pemda dalam menata taman-taman kota serta fasiltas layanan bus publik berdampak positif dalam penilaian program kota layak anak.  “Kota Malang berhasil  meraih penghargaan kota layak anak dari tingkat Pratama   selama tiga tahun ke tingkat Madya di tahun ini,” ujarnya, Selasa (11/8/2015).

Poin terbesar ditentukan oleh keberadaan taman kota yang ramah sosial dan juga ditopang keberadaan bus sekolah serta bus wisata. Penghargaan itu diberikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta,  Selasa ( 11/8/2015).

Di Jatim, ada lima kota yang mendapatkan penghargaan serupa. Untuk kategori Pratama diraih Kota Batu dan Sidoarjo,  kategori Madya diraih Kota Malang dan Kabupaten Tulungagung serta kategori Nindya diraih Kota Surabaya.

“Tahun depan,  kita berharap mampu meraih kategori Nidya,” ucapnya. Salah satu yang direkomendasikan tim penilai,  kota Malang harus melengkapi taman kotanya atau faslitas publiknya dengan ruang laktasi atau ruang ibu menyusui.

Wali Kota Malang Mochamad Anton  menegaskan komitmennya untuk terus menyediakan sarana publik yang benar benar ramah sosial. “Bukan saja ramah untuk anak,  tapi juga ramah untuk kelompok disabilitas,  lansia,  ibu ibu maupun ramah untuk semua warga, “ucapnya.

Kata ramah tidak terbatas aspek fisik kota, namun juga harus mencakup ramah sosial maupun ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya