SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (JIBI/SOLOPOS/Dok)

ILUSTRASI (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLO- Upaya Pemkot Solo meningkatkan kesadaran warga mengenai pemenuhan hak-hak anak dalam kerangka pengembangan Kota Layak Anak (KLA) dengan menerbitkan kartu insentif anak (KIA) ternyata belum membuahkan hasil maksimal. Selama dua tahun sejak diluncurkan, baru sekitar 20.000-an kartu yang diterbitkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabid Data dan Statistik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Solo, Said Romadlon mengungkapkan hal tersebut saat diwawancarai wartawan seusai acara penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemkot dengan mitra (pihak ketiga) tentang KIA di Ruang Rapat Sekda Kompleks Balaikota, Selasa (17/1/2012).

“Harus diakui saat ini warga yang memiliki KIA jumlahnya memang masih sedikit. Baru sekitar 20.000 kartu yang kami terbitkan. Padahal kalau dilihat dari sasarannya yakni anak berusia 0-18 tahun jumlahnya mencapai 125.000-an anak atau sekitar 25% dari total jumlah penduduk Solo,” jelas Said.

Lebih lanjut, Said mengharapkan kesadaran warga agar mau mendaftarkan anaknya untuk mendapatkan kartu tersebut. Caranya sangat mudah. Cukup menunjukkan akta kelahiran, kartu keluarga (KK), KTP orangtua, dan foto. Setelah itu mengisi blangko dan pada hari itu juga kartu langsung diterbitkan.

Meskipun bisa berfungsi sebagai kartu diskon di toko buku, rumah makan, toko pakaian atau tempat usaha lain yang telah menjalin kerja sama dengan Pemkot, Said menjelaskan KIA bukan sekadar kartu diskon, melainkan juga berfungsi sebagai kartu identitas anak. Kartu insentif ini sekaligus untuk mendorong para orangtua agar mau membuatkan akta kelahiran bagi anak mereka.

Kepala Dispendukcapil, Untara menambahkan KIA bertujuan mendorong anak memperoleh hak dan kebutuhannya. “Contohnya, ketika si anak butuh buku, tapi harganya mahal. Dengan KIA, anak itu bisa membeli buku di toko yang sudah bekerja sama dengan Pemkot dan mendapat diskon sehingga bisa menjangkau harga tersebut,” kata Untara. JIBI/SOLOPOS/Suharsih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya