SOLOPOS.COM - Objek wisata Kota Lama di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), mulai dipadati wisatawan menjelang libur Lebaran 2022. (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Kota Lama Semarang menjadi destinasi wisata paling banyak dikunjungi di Jawa Tengah. Tempat ini pun tercatat sebagai destinasi favorit wisatawan selama libur Lebaran 2022.

Disporapar Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mencatat destinasi favorit wisatawan selama libur Lebaran yaitu Lama Semarang berada di urutan pertama, disusul Candi Borobudur Magelang di urutan kedua, dan Pantai Menganti Kebumen di urutan ketiga.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Sub Koordinator Pengembangan Pasar Disporapar Jawa Tengah, Tanti Apriani, menyebutkan Kota Lama Semarang selama libur dan cuti Lebaran dikunjungi 162.719 wisatawan, Candi Borobudur dikunjungi 153.070 orang, dan Pantai Menganti kunjungan 115.775 orang.

“Data yang kami himpun diambil dari mulai tanggal 23 April 2022 sampai 10 Mei 2022,” sebutnya, Rabu (11/5/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Tak hanya Kota Lama, dalam data tersebut secara umum Kota Semarang sendiri juga menjadi daerah yang paling banyak diminati wisatawan dengan mencatatakan 399.631 kunjungan. Angka tersebut terpaut cukup jauh dengan Magelang yang ada di peringkat kedua dengan 304.602 kunjungan wisata, maupun Banyumas di peringkat ketiga dengan yang didatangi 281.439 wisatawan.

Baca juga: Tahu Gimbal Semarang, Makanan Era Kolonial yang Masih Eksis

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyebut, meski sektor pariwisata sempat ambruk pasca ditetapkannya kondisi pandemi Covid-19, Kota Semarang tetap menegaskan fokus pembangkitan sektor pariwisata untuk pemulihan ekonomi.

“Ada sebuah optimisme bahwa tahun 2022 ini ada sebuah momentum kebangkitan. Dan kami di Kota Semarang ini sudah fokus di pariwisata,” tegas Hendi sapaan akrabnya.

Adapun, terkait berhasilnya Kota Lama dan Kota Semarang menjadi destinasi yang paling diminati wisatawan, Hendi menyebutkan jika tantangan selanjutnya adalah manajerial kawasan tersebut.

Baca juga: Hebat! Kota Lama Semarang Jadi Tempat Wisata Terlaris di Jateng

“Dengan banyaknya wisatawan yang berhasil ditarik, sudah pasti setelah kita harus lakukan langkah-langkah evaluasi berikutnya, agar kemudian tidak terjadi overtourism,” jelas Hendi.

Hendi mengungkapkan Pemkot Semarang telah mencatat sejumlah hal yang perlu menjadi catatan perbaikan tempat wisata.

“Titik parkir yang crowded harus dilakukan penanganan, jalur-jalur yang sudah semakin hari semakin macet yang bagaimana caranya harus kita atur supaya orang nyaman, termasuk kondisi infrastrukturnya juga harus terus dievaluasi supaya bisa lebih baik lagi,” pungkasnya. (k28)

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Kota Lama Semarang Favorit Baru Wisata di Jateng

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya