SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Hingga saat ini pembuatan dan implementasi e-KTP belum dapat dipastikan. Hal tersebut membuat daerah yang sudah melakukan persiapan sebelumnya merasa kesal.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jogja Wido Rismono menjelaskan, Kota Jogja sampai saat ini belum menerima kejelasan kapan pembuatan e-KTP bisa dilakukan. Padahal sebelumnya Pemerintah Pusat menjadwalkan 31 set perangkat pembuatan e-KTP akan tiba di Kota Jogja pada 25 Juli. Namun rencana itu gagal dengan alasan sebagian alat harus didatangkan dari Amerika Serikat. Kemudian pemerintah provinsi melalui Tata Pemerintahan mejelaskan perangkat e-KTP tiba di masing masing Kecamatan di Kota Jogja pada 15 Agustus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kita dapat informasi kalau alat tiba di Kota Jogja pada tanggal 15 Agustus, itupun informasi dari provinsi, secara jelas kita belum mendapat kepastiannya. Padahal proses itu tergantung dari alat itu,” katanya usai melakukan rapat kerja dengan komisi A DPRD Kota Jogja Kamis (4/8). Wido mengatakan, pihaknya tidak akan membuat undangan jika alat belum pasti.

Wido mengaku, daerah sudah mempersiapkan seluruh kebutuhan e-KTP sesuai porsinya. “Kita sudah siapkan semuanya yang menjadi kewajiban kami, kesel juga kalau begini. Kita di daerah sudah menyiapkan seluruhnya sesuai dengan kemampuan dan kekuatan kami,” kata Wido.

Ketua komisi A DPRD Kota Jogja Chang Wendriyanto meminta Dindukcapil melakukan langkah lanjutan untuk mencari kejelasan pembuatan e-KTP. Upaya tersebut menurut Chang perlu dilaukan dengan menyurati Dirjen Kependudukan di Kemendagri. Chang menilai pemerintah pusat harus serius dalam menjalakan program ini. (Harian Jogja/Rina Wijayanti)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya