SOLOPOS.COM - Ilustrasi polusi udara. (Reuters-Gonzalo Fuentes)

Solopos.com, SOLO — Kota dengan kualitas udara terburuk se-Indonesia ternyata bukan Jakarta. Dalam daftar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia selama tahun 2019 yang dirilis IQAir, Jakarta menempati urutan ke-126 di dunia dan posisi kelima di Indonesia.

Jakarta dikotori PM2.5 rata-rata sebesar 49,4 µg/m³. Meski begitu, ada empat kota di Indonesia yang udaranya lebih kotor dibanding Jakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Detik.com, Tangerang Selatan (Tangsel) menempati peringkat pertama kota paling berpolusi dengan rata-rata PM2.5 sebesar 81,3 µg/m³. Tangerang Selatan masuk daftar 30 besar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia dengan menempati posisi ke-24.

Diluncurkan Di Prancis Akhir Maret, Huawei P40 Bakal Laris?

Menyusul Tangsel ada Bekasi di posisi kedua dengan menyumbang PM2.5 rata-rata sebesar 62,6 µg/m³ pada 2019. Bekasi sekaligus menempati posisi 45 besar dalam daftar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Posisi ketiga kota dengan kualitas udara terburuk di Indonesia ditempati Pekanbaru dengan rata-rata PM2.5 sebesar 52,8 µg/m³. Pekanbaru menempati posisi ke-108 kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Catatan Banjir Jakarta Di Era Anies-Ahok-Jokowi, Mana Yang Paling Parah?

Pontianak mengisi posisi empat kota dengan kualitas udara terburuk di Indonesia dengan rata-rata PM2.5 sebesar 49,7 µg/m³ yang sekaligus menempatkan Pontianak mengisi posisi 125 kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Udara Pekanbaru dan Pontianak sempat dikotori oleh bencana kebakaran hutan dan lahan tahun lalu.

Kelelahan & Kurang Pelindung, 3.000 Tenaga Medis China Terinfeksi Corona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya