SOLOPOS.COM - Ilustrasi kota cerdas (twicsy.com)

Kota Cerdas menjadi gelar bergengsi baru yang diperebutkan pengelola kota. Kota Madiun merebut dua gelar dalam Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2015 itu.

Madiunpos.com, JAKARTA — Peringkat teratas Kota Cerdas Indonesia 2015 didominasi oleh kota-kota di wilayah Pulau Jawa. Madiun merebut dua gelar dalam pemeringkatan kota-kota “tecerdas” tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2015, Surabaya terpilih sebagai peringkat pertama kota cerdas kategori wilayah berpenduduk di atas 1 juta jiwa. Ibukota Provinsi Jawa Timur itu mengalahkan Tangerang, Bandung, Depok, dan Semarang yang tercatat masuk dalam urutan lima besar. Sementara itu, Jogja berada di peringkat pertama kota cerdas kategori berpenduduk di atas 200.000 sampai 1 juta jiwa. Adapun, Magelang terpilih menjadi kota “tecerdas” kategori berpenduduk sampai dengan 200.000 jiwa.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan apresiasinya kepada seluruh walikota yang mendapat penghargaan atas pencapaian sebagai kota cerdas. “Tentu semua ini atas usaha dan kerja keras semua pihak. Bagi kota yang belum kita harapkan tetap perusaha keras memajukan kotanya,”ujarnya.

Kalla menuturkan 60% penduduk akan berada di kota. Jadi kota harus lebih menarik, nyaman, dan sehat untuk ditinggali.

Menurut dia, kota cerdas berarti kota yang mempunyai tingkat kualitas sumber daya manusia yang tinggi, baik penduduk maupun pemimpinnya, terutama dalam penggunaan teknologi dalam membangun daerahnya. Penyusunan IKCI dilatarbelakangi semakin banyaknya penduduk di perkotaan, juga permasalahan kota. Kondisi tersebut melahirkan tantangan terkait cara mengelola kota dengan cerdas demi meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup penduduknya.

Adapun, faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam penyusunan IKCI 2015 meliputi aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Pengelolaan itu harus didukung oleh teknologi informasi komunikasi, tata kelola, dan peran sumber daya manusia yang baik.

Pada tahap awal, data sekunder dari 93 kota otonom yang meliputi aspek ekonomi, sosial, lingkungan, dan enabler dari Badan Pusat Statistik (BPS), ditambah data pemerintah kota yang diolah. Hasilnya, muncul 15 kota nomine yang terbagi dalam tiga kelompok tersebut.

Kategori Berpenduduk Di Atas 1 Juta Jiwa:
Bandung, Depok, Semarang, Surabaya, Tangerang
I: Surabaya
II: Tangerang
III: Bandung
IV: Depok
V: Semarang

Kategori Berpenduduk Di Atas 200.000-1 Juta Jiwa:
Balikpapan, Malang, Pontianak, Surakarta, Yogyakarta
I: Jogja
II: Balikpapan
III: Surakarta
IV: Pontianak
V: Malang

Kategori Kota Berpenduduk Sampai Dengan 200.000 Jiwa:
Bontang, Madiun, Magelang, Mojokerto, Salatiga
I : Magelang
II: Madiun
III: Bontang
IV: Mojokerto
V: Salatiga

Kategori Kota Cerdas Ekonomi : Magelang
Kategori Kota Cerdas Sosial : Madiun
Kategori Kota Cerdas Lingkungan : Surabaya

 

KLIK DI SINI untuk Berita Terkait.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya