SOLOPOS.COM - Tugu Pahlawan di Surabaya (virtualtourist.com)

Kota Cerdas 2015 dipilih berdasarkan indeks yang dimenangkan oleh Kota Surabaya.

Solopos.com, JAKARTA – Kota Surabaya terpilih sebagai kota terbaik dalam penganugerahan Kota Cerdas Indonesia 2015. Penghargaan tersebut merupakan puncak dari rangkaian penyusunan Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2015 yang telah diluncurkan pada 24 Maret 2015 lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara ditunjuk panitia untuk membacakan nominasi sekaligus memberikan piala penghargaan berukuran raksasa tersebut.

“Kategori Best of the Best Penganugerahan Kota Cerdas Indonesia 2015 diberikan kepada Kota Surabaya,” ujar Rudiantara membacakan nominasi, Kamis(13/8/2015), di Jakarta.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang hadir dalam acara penganugerahan tersebut melangkah ke panggung untuk menerima penghargaan.

Tak hanya terpilih sebagai kota terbaik, Surabaya juga mendapat dua penghargaan lain. Yakni, peringkat pertama kota cerdas kategori penduduk di atas 1 juta jiwa dan kota cerdas lingkungan.

Adapun, faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam penyusunan IKCI 2015 meliputi aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Indikator di dalam masing-masing aspek diberi bobot. Nilai bobot diperoleh dari pendapat 15 akademisi dan profesional yang terkait dengan kota cerdas.

Agar semakin sesuai dengan kondisi perkotaan di Indonesia, isu-isu strategis nasional yang dirujuk dari rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) juga dimasukkan dalam pertimbangan penyusunan bobot.

Pada tahap awal, data sekunder dari 93 kota otonom yang meliputi aspek ekonomi, sosial, lingkungan, dan enabler dari Badan Pusat Statistik (BPS), ditambah data dari pemerintah kota diolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya