SOLOPOS.COM - FIFA (JIBI/Solopos/Reuters/Paulo Whitaker)

Solopos.com, PARIS — Kosovo akan memainkan pertandingan pertama internasional di bawah naungan FIFA melawan Haiti. Federasi Sepak Bola Kosovo (FFK), Rabu (12/2/2014), mengumumkan pertandingan itu akan berlangsung di Mitrovica, Kosovo, 5 Maret 2014 mendatang.

“Ini merupakan pertandingan internasional resmi pertama di bawah FIFA, sedangkan Kosovo bukan anggota FIFA,” kata Jerome Champagne, kandidat presiden FIFA yang juga penasihat FFK.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kendati status politik di Kosovo masih sangat sensitif, Champagne mengatakan pertandingan itu tidak ada kaitannya sama sekali dengan politik. “Federasi sepak bola Serbia menerima Kosovo untuk melakukan laga persahabatan,” kata Champagne, “Total 107 negara, anggota Bank Dunia, IMF atau FIFA, sudah menerima Kosovo, termasuk Haiti.”

Kosovo sebelumnya sudah pernah melakukan pertandingan persahabatan dengan Malta dan Monako. Pada 13 Januari 2014, Komite Emergency FIFA memberi lampu hijau kepada tim nasional Kosovo untuk bertanding setelah ada lobi dari Presiden FFK, Fadil Vokkri.

Di antara para pemain yang ada dalam tim Kosovo, termasuk dua orang dari klub Serie A Chievo, yaitu penjaga gawang Samir Ujkani dan pemain tengah Perparim Hetemaj. Kendati sudah mendapat pengakuan dari Amerika Serikat dan Uni Eropa, kondisi politik di Kosovo masih belum stabil.

Kosovo menyatakan merdeka dari Serbia pada 2008 dan hal itu diakui lebih dari 100 negara, termasuk Amerika Serikat dan mayoritas negara Uni Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya