SOLOPOS.COM - Ilustrasi gula pasir. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Kekosongan stok gula pasir yang dialami supermarket dan minimarket di Kota Solo selama beberapa waktu terakhir tidak dialami pasar tradisional. Pasokan gula pasir maupun minyak goreng di pasar tradisional Kota Bengawan disebut masih normal.

Pada sisi lain, sebagian distributor minyak goreng kemasan sudah mulai mempersiapkan penyamaan harga sesuai arahan pemerintah. Salah satu pedagang Pasar Nusukan, Didik, mengatakan untuk sementara ini pasokan minyak goreng dan gula pasir masih normal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kalo pasokan tidak langka, barang ada terus. Sedangkan minyak kemasan mulai ditarik distributor, mau disamakan harga anjuran pemerintah,” katanya kepada Solopos.com, Minggu (23/1/2022).

Baca Juga: Stok Gula Pasir di Toko Modern Solo Kosong, Padahal Harganya Stabil

Harga minyak goreng curah saat ini masih sekitar Rp19.000-Rp20.000/kg. Ia mengatakan pasokan komoditas lain seperti gula pasir di pasar di wilayah utara Kota Solo itu saat ini juga masih normal. Meskipun untuk gula pasir harganya saat ini ada sedikit peningkatan. “Harga gula pasir dari Rp12.500 menjadi Rp13.500 [per kg],” lanjutnya.

Sementara itu salah satu pedagang di Pasar Sangkrah, Kusmadi, juga mengatakan pasokan minyak goreng dan gula pasir saat ini masih normal. Mengenai rencana penyamaan harga minyak goreng, ia mengatakan saat ini sudah ada komunikasi dengan pemasok minyak kemasan.

Baca Juga: Panas! Harga Minyak Goreng Curah di Solo Tembus Rp21.000/Liter

Harga Eceran

“Kemarin sudah ada kabar dari sales. Keputusannya besok. Kalau dikirim sesuai harga turun, tetap saya turunkan,” katanya. Harga minyak goreng curah saat ini masih sama, yakni sekitar Rp18.300/kg.

Untuk gula pasir, meski pasokan normal, pedagang Pasar Sangkrah, Kota Solo, itu juga mengakui ada kenaikan harga. Harga eceran saat ini Rp14.000/kg. Salah satu pedagang jajanan di kawasan Manahan, Yono, mengatakan sejauh ini tidak kesulitan mendapatkan minyak goreng maupun gula pasir di pasar.

Baca Juga: Airlangga Hartarto: Harga Minyak Goreng Ditetapkan Rp14.000 per Liter

Namun ada perubahan harga untuk gula pasir yang sebelumnya sekitar Rp12.500/kg menjadi Rp14.000/kg. “Kalau langka tidak. Di pasar masih ada. Ya hanya harganya itu yang tinggi,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, pengelola supermarket dan minimarket di Kota Solo mengatakan stok gula pasir belakangan ini kosong. Di Superindo Ronggowarsito, kekosongan terjadi sejak sekitar sepekan lalu. Sedangkan pengelola Indomaret Gulon, Jebres, mengaku kali terakhir dipasok gula pasir sebulan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya