SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Beijing–
Penjaga perbatasan Korea Utara (Korut) menembak mati tiga warga China yang diduga sebagai penyelundup dan melukai seorang lainnya pekan lalu.

Departemen luar negri China mengumumkan insiden itu, Selasa (8/6) dan aksi Korut itu memicu protes dari China, satu-satunya sekutu utama Pyongyang. Insiden penembakan itu terjadi di kota perbatasan Dandong.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Kantor berita Reuters melaporkan, juru bicara kementerian luar negeri, Qin Gang, dalam briefing berita rutin di Beijing mengatakan, China telah secara resmi memerotes Pyongyang, dan insiden itu sedang diselidiki. “Pada pagi hari tanggal 4 Juni, pasukan penjaga perbatasan Korea Utara menembak beberapa warga Dandong di Provinsi Liaoning, karena mereka dicurigai secara ilegal melintasi perbatasan untuk perdagangan,” kata Qin. “Tiga orang tewas, dan satu terluka,” lanjutnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Pyongyang menjaga ketat perbatasan di selatan yang kadang-kadang diwarnai insiden baku tembak. Seorang wisatawan Korea Selatan ditembak mati tentara Korea Utara tahun 2008, ketika berada di resor di kawasan itu. Namun serangan terhadap warga China jarang terjadi.

kcm/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya