SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

TOKYO: Korea Utara (Korut) memperingatkan kapal-kapal untuk tidak mendekati perairan lepas pantai kota Kimchek, dekat sebuah pangkalan rudal, kata seorang juru bicara Penjaga Pantai Jepang, yang memperkirakan Korut kemungkinan akan melakukan ujicoba rudal jarak pendeknya.

Kimchaek terletak sekitar 40km barat daya pangkalan rudal Musudan-ri dan daerah perkotaan paling dekat dengan lokasi dari mana negara itu meluncurkan sebuah roket jarak jauh April lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Juru bicara Penjaga Pantai Jepang Mashiro Ichijo,Kamis (21/5) mengatakan, sebuah kapal penjaga pantai Jepang diperingatkan oleh Korut agar menjauhi perairan-perairan 130km dari Kimchaek sampai 30 Mei. Kapal Jepang itu sedang berpatroli di Laut Jepang ketika menangkap isyarat peringatan itu.

Ichijo menambahkan, tidak biasa bagi negara-negara untuk mengeluarkan peringatan-peringatan seperti itu tanpa melalui satu organisasi internasional. “Korut tidak memberikan alasan bagi peringatan itu,” kata Ichijo sambil menambahkan, jarak 130km tergolong pendek mengingat Laut Jepang yang luas.

April lalu, Korut telah melakukan ujicoba nuklirnya yang pertama dan satu-satunya Oktober 2006, mengancam akan melakukan ujicoba nuklir lagi. Negara itu mengancam akan meluncurkan rudal balistik internasional jika PBB tidak meminta maaf kepada Pyongyang karena menghukum negara itu menyangkut peluncuran roket pada April lalu. (Antara/Reuters)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya