SOLOPOS.COM - Rudal Korut (Foto detikcom)

Solopos.com, JAKARTAPihak militer Korea Selatan menyebut Korea Utara telah menembakkan setidaknya satu rudal balistik ke arah perairan timur. Peluncuran rudal terjadi beberapa jam setelah Wakil Presiden AS Kamala Harris berangkat dari Korea Selatan, kunjungan terakhir dari perjalanannya ke Asia selama empat hari.

Dalam kunjungan itu Harris menekankan komitmen AS untuk membela sekutunya dalam menghadapi meningkatnya ancaman Korea Utara sebagaimana dikutip CNBC.com, Jumat (30/9/2022). Peluncuran rudal itu adalah putaran ketiga uji coba rudal oleh Korea Utara pada minggu ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Korea Utara menguji coba dua rudal balistik pada hari Rabu, sehari sebelum Harris mengunjungi Korea Selatan dan satu sebelum dia meninggalkan Washington pada hari Minggu. Kamala Harris mengakhiri perjalanan empat harinya ke Asia dengan berhenti pada hari Kamis di Zona Demiliterisasi (demilitarized zone/ DMZ) yang membelah Semenanjung Korea.

Baca Juga AirAsia Ride Segera Mengaspal di Indonesia

Di sana dia menekankan komitmen tegas AS terhadap keamanan sekutu Asia-nya yang berkonflik dengan Korea Utara. Kunjungan tersebut dilakukan setelah peluncuran rudal terbaru Korea Utara dan di tengah kekhawatiran bahwa negara tersebut akan melakukan uji coba nuklir.

Adapuyn, mengunjungi DMZ telah menjadi semacam ritual bagi para pemimpin Amerika Serikat (AS) yang berharap dapat menunjukkan tekad mereka untuk berdiri teguh melawan agresi. Di sana , Harris pergi ke puncak bukit, dekat menara penjaga dan kamera keamanan.

Dia melihat melalui teropong besar ketika seorang perwira Korea Selatan menunjukkan instalasi militer di sisi selatan. Kemudian seorang perwira AS menunjukkan beberapa benteng pertahanan di sepanjang garis demarkasi militer, termasuk pagar kawat berduri dan ranjau tanah.

Baca Juga Lukas Enembe Beralasan Sakit

Harris kemudian mengunjungi salah satu deretan bangunan biru yang mengangkangi garis demarkasi. Sementara itu, seorang perwira AS menjelaskan bagaimana bangunan tersebut masih digunakan untuk melakukan negosiasi dengan Korea Utara. Terkadang mereka mengirim pesan bolak-balik dan megafon.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Korut Kembali Tembakkan Rudal Balistik Saat Wapres AS Berangkat dari Korsel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya