SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SEOUL: Korea Utara akan menggiring dua wartawati asal Amerika yang kini ditahan kepolisian negara itu ke persidangan pengadilan pada 4 Juni mendatang, kata media resmi negara komunis itu, Kamis (14/5).

Euna Lee, seorang Amerika keturunan Korea, dan Laura Ling, warga Amerika keturunan China, ditahan menjelang fajar pada 17 Maret di tepi Sungai Tumen, yang merupakan perbatasan Korea Utara dengan China. Kedua wartawan, yang bekerja pada Current TV di California itu, sedang bertugas untuk meliput masalah pengungsi yang melarikan diri dari negara komunis garis keras itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pengadilan Pusat Republik Rakyat Demokratik Korea (Korea Utara) memutuskan untuk mengadili wartawati Amerika itu pada 4 Juni, berdasarkan dakwaan lembaga yang berwenang,” kata Kantor Berita Korea Utara, KCNA.

Ekspedisi Mudik 2024

Namun demikian, laporan tersebut tidak memberikan rincian mengenai tuduhan-tuduhan yang ditudingkan kepada kedua wartawati itu. Korea Utara sebelumnya mengatakan, mereka akan mengadili orang-orang yang melakukan tindakan bermusuhan dan secara ilegal memasuki negaranya. Pengadilan Korut akan diselenggarakan “berdasarkan kejahatan-kejahatan yang dilakukan oleh mereka,” kata pengumuman itu.

Kasus tersebut terjadi bersamaan dengan meningkatnya ketegangan-ketegangan antara Pyongyang dan Washington, setelah pihak Korea Utara menembakkan roket jarak jauhnya pada 5 April, yang disebutnya sebagai peluncuran satelit. (Antara/AFP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya