SOLOPOS.COM - Tim jaksa Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo beraudiensi dengan perwakilan LSM gabungan di kantor kejari setempat, Senin (8/12/2014). (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO – Sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) Sukoharjo dan Solo mendesak Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo tetap memproses hukum anggota DPRD Sukoharjo periode 2009-2014 dari PDIP, Syarif Hidayatullah, karena diduga mengorupsi dana tunjangan keluarga.

Hal itu terungkap saat ratusan anggota LSM tersebut mendatangi Kantor Kejari Sukoharjo, Senin (8/12/2014), di kantor kejari setempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinator LSM, Kusumo Putro, saat ditemui wartawan seusai audiensi menyampaikan pihaknya meyakini Syarif telah menerima dan menikmati uang tunjangan keluarga selama 2009-2014 senilai Rp22 juta.

Ekspedisi Mudik 2024

Padahal, kata Kusumo, berdasar investigasi, Syarif yang juga Ketua Fraksi PDIP hanya memiliki istri siri.

“Dalam praktiknya, dia [Syarif] memasukkan nama istri sirinya dalam data akta nikah dan KK [kartu keluarga]. Dokumen itu yang diajukannya ke Sekwan [Sekretaris Dewan] untuk diverifikasi lalu keluarlah tunjangan tersebut. Seiring berjalannya waktu Syarif mengembalikan dana tunjangan yang selama lima tahun terakhir dinikmatinya ke khas negara melalui kejari,” urai Ketua Umum LSM Lembaga Penyelamat Aset dan Anggaran Belanja Republik Indonesia (Lapaan RI) itu.

Sementara itu, perwakilan kejari, Joko Triatmojo, kepada LSM menegaskan tim jaksa sudah memeriksa Syarif dan saat ini masih mengumpulkan alat bukti lain.

Syarif saat dihubungi , membenarkan telah mengembalikan dana tunjangan senilai Rp22 juta.

“Dulu Sekwan meminta saya mengumpulkan data keluarga. Lalu saya ajukan KK dan akta nikah saya yang dari gereja. Memang akta nikah belum saya catatkan di catatan sipil [Kependudukan dan Catatan Sipil atau Dukcapil]. Sekwan pun menyetujui. Kalau tidak sah seharusnya dari dulu data saya ditolak,” papar Syarif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya