SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG — Pengadilan Tipikor Surabaya menjatuhkan hukuman tiga tahun enam bulan penjara dan denda sebesar Rp100 juta subsider enam bulan penjara kepada Kepala Desa Sumberingin Kulon, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Suprapto.

Suprapto divonis bersalah karena terbukti melakukan tindak pidana korupsi anggaran dana desa (ADD) tahun 2015-2016 di tempatnya bertugas.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Putusan itu sudah ditetapkan Pengadilan Tipikor Surabaya pada Kamis [3/1/2019] dan sekarang tahap jeda bagi terpidana maupun jaksa untuk mengajukan banding atau tidak,” kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) Anik Partini di Tulungagung, Senin (7/1/2019).

Dalam amar putusan yang dibacakan majelis hakim, tutur JPU, Suprapto terbukti bersalah melanggar Pasal 3 UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Korupsi sebagaimana telah diubah dalam UU No 20 tahun 2001.

Akibat perbuatannya, Suprapto dihukum tiga tahun enam bulan penjara dan denda sebesar Rp100 juta subsider enam bulan penjara.

Tak hanya itu, majelis hakim yang diketuai Wiwin Arodawanti tersebut mewajibkan Suprapto mengganti uang kerugian negara sebesar Rp489 juta subsider 1 tahun penjara.

“Putusan hakim tersebut bernomor 154/pidsus/tpk/2018/PN Surabaya,” kata JPU Anik Partini.

Atas putusan itu, Kades Suprapto menurut Anik langsung mengajukan banding.

Namun pihak JPU, kata dia, tidak terburu-buru melakukan langkah yang sama dengan pertimbangan vonis majelis hakim telah memenuhi rasio tuntutan, yakni empat tahun kurungan penjara.

“Tuntutannya empat tahun, vonisnya 3,5 tahun. Dari segi denda juga sama yakni sebesar Rp100 juta. Terdakwa juga masih diminta mengganti kerugian sebesar Rp489 juta,” katanya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya