SOLOPOS.COM - Politikus PKS Fahri Hamzah seusai memberikan keterangan kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Senin (4/4/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Rivan Awal Lingga)

Fahri Hamzah mengatakan Setya Novanto, yang kini menjadi tersangka kasus korupsi e-KTP, masih berada di Jakarta semalam.

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan sempat berkomunikasi dengan Ketua DPR Setya Novanto yang sedang dicari oleh KPK sejak Rabu (15/11/2017) malam tadi. Menurutnya, Setya Novanto tidak keluar negeri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Fahri mengungkapkan dalam komunikasi itu Setnov diyakini masih berada di Jakarta dan tidak keluar negeri karena statusnya sudah sejak lama dicekal.

Ekspedisi Mudik 2024

“Saya sempat berkomunikasi sebentar dengan Novanto tadi malam, ketika rumah pribadinya digeledah oleh penyidik KPK. Novanto saat itu mengatakan, ada di Jakarta,” kata Fahri Hamzah kepada pers, di Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Kamis, dikutip Solopos.com dari Suara.com.

Namun, Fahri tidak menjelaskan lebih lanjut keberadaan Setya Novanto. Menurut Fahri, Novanto tidak merasa mangkir dengan tidak memenuhi panggilan KPK dengan alasan hanya membalas argumen yang dilakukan pimpinan KPK.

Pimpinan KPK, kata Fahri, juga tidak hadir memenuhi panggilan Pansus Angket DPR soal Kinerja KPK dengan alasan masih mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi. Menurut dia, Novanto saat ini juga sedang mengajukan uji materi soal izin pemanggilan pimpinan lembaga negara.

“Jadi, kalau Novanto tidak memenuhi panggilan KPK, tidak masalah,” katanya.

Menurut Fahri, jika semua lembaga saling menghormati maka tidak terjadi situasi seperti saat ini, seolah-olah negara sedang genting. Padahal, kata dia, kondisi Indonesia normal-normal saja.

Fahri juga sempat menyinggung perkara dugaan korupsi lainnya, yang terduga pelakunya telah menyandang status tersangka selama sekitar dua tahun dan dugaan kerugian negara sejumlah uang, tapi sampai saat ini belum diproses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya