Tutup Iklan

KORUPSI E-KTP : Dipanggil KPK, Politikus Golkar Agun Gunanjar Bungkam Soal Keterlibatan Gubernur BI

KORUPSI E-KTP : Dipanggil KPK, Politikus Golkar Agun Gunanjar Bungkam Soal Keterlibatan Gubernur BI

SOLOPOS.COM - Ilustrasi E-KTP (JIBI/Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Korupsi e-KTP terus ditelusuri. Hari ini, politikus Golkar Agun Gunanjar dipanggil KPK. Namun, dia bungkam ke media soal keterlibatan Gubernur BI.

Solopos.com, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali meminta keterangan politisi Partai Golkar, Agun Gunanjar, terkait kasus dugaan korupsi e-KTP. Agun diperiksa KPK karena pada saat pencanangan proyek tersebut, dirinya menjadi Ketua Komisi II DPR.

Dalam memenuhi panggilan KPK, kepada awak media, Agun bersedia membeberkan perihal apa saja yang akan dijelaskan kepada penyidik, termasuk soal tujuan proyek e-KTP yang bisa digunakan untuk pelayanan perbankan. Namun, Agun bungkam saat ditanya mengenai keterlibatan Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo, yang pada saat itu menjabat sebagai Menteri Keuangan.

"Itu bagian yang akan diproses dalam proses penyidikan ini, saya tidak mau kasih tahu," ujar Agun sebelum masuk ruang pemeriksaan di gedung KPK, Rabu (19/10/2016).

Sebelumnya, pada Selasa (18/10/2016), KPK memanggil Gubenur Bank Indonesia Agus Martowardojo untuk diminta keterangannya terkait proyek pengadaan e-KTP. Namun, bekas Menteri Keuangan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu mangkir dari panggilan tersebut.

Wakil Ketua KPK, Laode M. Syarif, mengungkapkan KPK membutuhkan keterangan Agus terkait pendanaan dan pembiayaan proyek pengadaan e-KTP. “Ya akan dimintai keterangannya biar penyidik lebih jelas siapa yang bertanggung jawab, kan uang negara yang dipakai, maka perlu [keterangan] Menkeu saat itu,” ujar Laode.

Dalam perkembangannya, penyidikan kasus dugaan korupsi proyek bernilai Rp6 triliun itu, negara diduga mengalami kerugian Rp2 triliun. KPK pun mengaku terus mendalami aliran dana uang haram tersebut ke sejumlah pihak.

Dalam kasus ini KPK telah menetapkan dua tersangka yakni mantan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Irman dan Sugiharto yang merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini

Awas! Sering Minum Minuman Bersoda Turunkan Imunitas

Minuman bersoda memang terasa lezat tapi ada bahaya mengintai.

Naik 2 Kali Lipat, Warga Positif Covid-19 Sukoharjo Tambah 56 Orang Sehari

Pemkab Sukoharjo mewanti-wanti warga jangan lengah karena jumlah warga yang positif Covid-19 tiap harinya terus naik setelah Lebaran.

Pencurian di Toko Elektronik Boyolali, Uang Rp66 Juta dan 32 TV LED Raib

Pencurian terjadi di sebuah toko elektronik di Jl Pandanaran, Boyolali. Uang puluhan juta beserta puluhan barang elektronik digondol maling.

Tembok Dilubangi, Toko Elektronik di Boyolali Disatroni Maling, Kerugian Tembus Rp100 Juta

Sebuah toko elektronik di Jl Pandanaran, Boyolali, menjadi sasaran pencurian. Kejadian itu menyebabkan kerugian hingga sekitar Rp100 juta.

Meski Sudah Divaksin, Wali Kota Salatiga Terpapar Covid-19

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto terpapar Covid-19 meski telah menjalani vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac pada Februari lalu.

Perusahaan Perkebunan Serat Terbesar Hindia Belanda Ada Di Wonogiri Loh, Ini Lokasinya

Perusahaan perkebunan serat yang memproduksi tali tambang kapal, karung goni, dan lain-lain pada masa Hindia Belanda ada di Wonogiri.

Tempe Bacem Kaleng Magelang Melintasi Melintasi Pasar Dunia

Usaha menengah kecil dan mikro di Kabupaten Magelang terus berinovasi, salah satunya pengrajin tempe dalam kaleng yang justru diminati pasar luar negeri.

Covid-19 Varian India di Kudus, Ini Langkah Gubernur Ganjar

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, meminta sejumlah pemerintah kabupaten di Jateng mencanangkan gerakan di rumah saja.

2 SMKN Jogja Ini yang Masuk Top 1.000 Sekolah Terbaik

Jogja punya sekolah menengah kejuruan negeri terbaik yang bisa lolos dalam Top 1.000 sekolah terbaik nasional berdasarkan nilai rerata TPS UTBK tertinggi pada tahun 2020.

Braak, Sepeda Motor Terjepit Seusai Tabrak Bus BST Dekat Flyover Purwosari Solo 

Kecelakaan lalu lintas antara Bus BST dan sebuah sepeda motor terjadi di Jl. Slamet Riyadi atau sisi timur Flyover Purwosari pada Minggu (13/6/2021)

Solo Uji Coba Angkutan Bus Listrik dan Bus Low Deck, Lewat Koridor Mana?

Bus listrik dan bus low deck segera diuji coba di jalanan Kota Solo, rencananya angkutan feeder juga akan diganti mobil bertenaga listrik.

Tradisi Memanggil Jin di Daerah Ini Jadi Atraksi Wisata

Tarian yang berisi tradisi memanggil jin ini telah menjadi bagian dari pertunjukan untuk menyambut tamu-tamu penting yang datang.