Tutup Iklan

Korupsi Dana Desa, Kades Doyong Sragen Segera Disidang

Kejaksaan Negeri (Kejari) Sragen melimpahkan berkas perkara kasus dugaan korupsi yang menjerat Kepala Desa (Kades) nonaktif Doyong, Kecamatan Miri, Sri Widyastuti, ke Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Jateng

Korupsi Dana Desa, Kades Doyong Sragen Segera Disidang

SOLOPOS.COM - Lima kades Sragen mendatangi Kejari untuk memohon penangguhan penahanan Kades Doyong, Miri, yang terjerat dugaan korupsi dana desa, Senin (23/7/2018). (Solopos-Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Kejaksaan Negeri (Kejari) Sragen melimpahkan berkas perkara kasus dugaan korupsi yang menjerat Kepala Desa (Kades) nonaktif Doyong, Kecamatan Miri, Sri Widyastuti, ke Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Jateng.

Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Sragen Agung Riyadi mengatakan berkas perkara berikut barang bukti ke PN Tipikor Jateng tersebut dilimpahkan pada Kamis (24/1/2019). Pelimpahan berkas itu dilakukan setelah Kejari Sragen menerima hasil audit kerugian negara dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Berdasar hasil audit yang kami terima, total kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi ini senilai Rp247,8 juta. Setelah menerima hasil audit itu, kami merevisi dakwaan lalu menyerahkan berkas perkara berikut barang buktinya ke pengadian,” terang Agung Riyadi kepada Solopos.com, Senin (28/1/2019).

Nilai kerugian negara berdasar audit dari BPK tersebut lebih besar daripada yang dilaporkan warga yakni sekitar Rp70 juta. Agung menjelaskan kerugian senilai Rp247,8 juta itu berasal dari sejumlah penyimpangan pembangunan fisik yang dibiayai dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) pada 2016.

Dalam proyek pembangunan fisik tersebut terdapat sejumlah indikasi pelanggaran seperti pengelolaan dana pembangunan fisik dilakukan kades sendiri tanpa melibatkan bendahara. Selain itu bantuan peningkatan jalan desa tanpa disertai surat permintaan pembayaran.

“Terdapat enam kegiatan [proyek pembangunan fisik] yang dikelola kelompok masyarakat dan perangkat desa, bukan oleh PPK [panitia pelaksana kegiatan]. Ada pula penyimpangan dalam proses penyampaian laporan pertanggungjawaban. Ada beberapa nota kosong yang bisa diisi nilai proyek sesuai RAB [rancangan anggaran belanja], bukan berdasar pengeluaran yang sebenarnya,” jelas Agung.

Sri Widyastuti yang sudah ditahan sejak 20 Juli 2018 lalu dijerat Pasal 2, Pasal 3, dan Pasal 9 UU No. 31/1999 jo UU No. 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Berdasar catatan Solopos.com, beberapa paket proyek bersumber dari DD dan ADD yang terindikasi menyimpang adalah pembangunan talut senilai Rp172,5 juta, pembangunan drainase senilai Rp58,8 juta dan lain-lain.

Berdasar kesaksian sejumlah warga, terdapat pembagian uang sisa proyek drainase di RT 004, Dukuh Bulu dan proyek talut jalan Bulu-Ngalup.

Berita Terkait

Berita Terkini

Waterspout Rusak Perahu dan Rumah Nelayan Banyuwangi

Waterspout terpantau sekira pukul 16.00 WIB, Rabu (16/6/2021) sekitar 20 menit di selat Bali atau di pantai sisi Timur Kota Banyuwangi.

Waspada! Klaster Perkantoran Covid-19 Mulai Muncul

Pekan ini ada tiga klaster perkantoran Covid-19 yang muncul di Kabupaten Kulon Progo, kantor pun terpaksa ditutup sementara.

Angkatan Udara Israel Serang Gaza Lagi

Gencatan senjata Palestina dan Israel terancam setelah Angkatan Udara Israel melancarkan serangan udara ke Jalur Gaza, Rabu (16/6/2021) pagi.

Sadari, Zodiak Ini Mungkin Jatuh Cinta Karena Uang!

Sadarkan Anda bahwa astrologi menengarai ada orang dengan tanda zodiak tertentu yang mungkin jatuh cinta karena uang?

Rumah Sakit Jiwa di Semarang Siapkan 115 Bed Isolasi

Untuk menyiapkan bed isolasi pasien Covid-19, RSJD Amino Gondohutomo harus memindahkan sejumlah pasien ODGJ ke bangsal lain.

Buron 10 Tahun Pembalakan Liar Adelin Lis Ditangkap di Singapura

Buronan sekaligus terpidana kasus pembalakan liar Adelin Lis yang 10 tahun ini disasar Kejaksaan Agung akhirnya ditangkap imigrasi Singapura.

Waspada! Ada 26 Kasus DBD di Madiun Pada 2021

Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Madiun cukup tinggi pada tahun 2021, Dinkes mencatat ada 26 kasus DBD di tahun ini.

Jakarta Lanjutkan Uji Coba PTM saat Ledakan Covid-19

Jakarta tetap melanjutkan uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM di tengah lonjakan kasus penularan Covid-19, dua pekan terakhir ini.

Ada Orang Kena Serangan Jantung? Begini Pertolongan Pertamanya

Pertolongan pertama menjadi kunci harapan hidup seseorang yang mengalami serangan jantung. 

Vaksinasi Publik 18+ Siap Bergulir Di Solo, 12 Kelurahan Jadi Prioritas

Pemkot Solo segera menggulirkan vaksinasi Covid-19 bagi publik usia 18 tahun ke atas dengan prioritas 12 kelurahan.

Penerjun Payung Protes Jelang Kick Off Prancis vs Jerman

Laga Grup F Piala Eropa (Euro) 2021 Jerman versus Prancis di Allianz Arena di Munchen diawali aksi protes penerjun payung.

Konsumen Diberi Kemudahan, Agar Sukses Berbisnis Home Appliance

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya, termasuk bisnis home appliance atau perabotan rumah tangga.