Korupsi Dana Desa, Kades Doyong Sragen Segera Disidang

Kejaksaan Negeri (Kejari) Sragen melimpahkan berkas perkara kasus dugaan korupsi yang menjerat Kepala Desa (Kades) nonaktif Doyong, Kecamatan Miri, Sri Widyastuti, ke Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Jateng

Korupsi Dana Desa, Kades Doyong Sragen Segera Disidang

SOLOPOS.COM - Lima kades Sragen mendatangi Kejari untuk memohon penangguhan penahanan Kades Doyong, Miri, yang terjerat dugaan korupsi dana desa, Senin (23/7/2018). (Solopos-Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Kejaksaan Negeri (Kejari) Sragen melimpahkan berkas perkara kasus dugaan korupsi yang menjerat Kepala Desa (Kades) nonaktif Doyong, Kecamatan Miri, Sri Widyastuti, ke Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Jateng.

Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Sragen Agung Riyadi mengatakan berkas perkara berikut barang bukti ke PN Tipikor Jateng tersebut dilimpahkan pada Kamis (24/1/2019). Pelimpahan berkas itu dilakukan setelah Kejari Sragen menerima hasil audit kerugian negara dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Berdasar hasil audit yang kami terima, total kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi ini senilai Rp247,8 juta. Setelah menerima hasil audit itu, kami merevisi dakwaan lalu menyerahkan berkas perkara berikut barang buktinya ke pengadian,” terang Agung Riyadi kepada Solopos.com, Senin (28/1/2019).

Nilai kerugian negara berdasar audit dari BPK tersebut lebih besar daripada yang dilaporkan warga yakni sekitar Rp70 juta. Agung menjelaskan kerugian senilai Rp247,8 juta itu berasal dari sejumlah penyimpangan pembangunan fisik yang dibiayai dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) pada 2016.

Dalam proyek pembangunan fisik tersebut terdapat sejumlah indikasi pelanggaran seperti pengelolaan dana pembangunan fisik dilakukan kades sendiri tanpa melibatkan bendahara. Selain itu bantuan peningkatan jalan desa tanpa disertai surat permintaan pembayaran.

“Terdapat enam kegiatan [proyek pembangunan fisik] yang dikelola kelompok masyarakat dan perangkat desa, bukan oleh PPK [panitia pelaksana kegiatan]. Ada pula penyimpangan dalam proses penyampaian laporan pertanggungjawaban. Ada beberapa nota kosong yang bisa diisi nilai proyek sesuai RAB [rancangan anggaran belanja], bukan berdasar pengeluaran yang sebenarnya,” jelas Agung.

Sri Widyastuti yang sudah ditahan sejak 20 Juli 2018 lalu dijerat Pasal 2, Pasal 3, dan Pasal 9 UU No. 31/1999 jo UU No. 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Berdasar catatan Solopos.com, beberapa paket proyek bersumber dari DD dan ADD yang terindikasi menyimpang adalah pembangunan talut senilai Rp172,5 juta, pembangunan drainase senilai Rp58,8 juta dan lain-lain.

Berdasar kesaksian sejumlah warga, terdapat pembagian uang sisa proyek drainase di RT 004, Dukuh Bulu dan proyek talut jalan Bulu-Ngalup.

Berita Terkait

Berita Terkini

Gubernur Ganjar Sebut Serapan Anggaran Covid-19 Jateng Sudah 17,28%, Ini Perinciannya

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku kena buli dan kecaman akibat informasi yang disampaikan @pandemictalks soal serapan anggaran Covid-19 di Jateng yang disebut terendah.

Mimpi CEO Wardah Salman Subakat Bangun Ekosistem Pendidikan Indonesia

Salman Subakat, yang menduduki jabatan Chief Executive Officer (CEO) Paragon Technology and Innovation mendeskripsikan dirinya dalam empat kalimat.

Tugu Bola, Ikon Baru Desa Sambi Sragen dan Jadi Simbol Pemersatu Warga

Desa Sambi, Kecamatan Sambirejo, Sragen, kini memiliki ikon wilayah yakni Tugu Bola. Tugu ini menjadi simbol pemersatu warga Desa Sambi.

Beredar Kabar Nakes RSUD Ambarawa Ditusuk Keluarga Pasien Covid-19, Ini Klarifikasi Polda Jateng

Video seorang anggota keluarga pasien Covid-19 yang meninggal mencoba menusuk nakes RSUD Ambarawa beredar viral di media sosial. Polda Jateng beri penjelasan.

Digerebek Petugas, Nasib PKL Di Purwodadi Berakhir Bahagia

Kedatangan petugas gabungan membuat pedagang dan sejumlah pembeli yang lagi nongkrong di warung PKL angkringan dekat Stadion Purwodadi kaget.

3 Dosen Meninggal Dunia, UNS Solo Kehilangan Akademisi Terbaik

Tiga dosen UNS Solo meninggal pada Jumat-Sabtu (23-24/7/2021). Ketiga merupakan dosen-dosen terbaik.

Vaksin With A View, Cara Asyik Gairahkan Warga Ikuti Vaksinasi Covid-19

Program ini mengajak warga, khususnya di Desa Wukiharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman untuk turut serta dalam program vaksinasi Covid-19.

Manfaatkan Pengrajin Lokal, Bingah Leather Craft Sukoharjo Pasarkan Tas Kualitas Impor

Peserta UMKM Virtual Expo 2021, Bingah Leather Craft Sukoharjo, mampu membuat tas kulit berkualitas ekspor dengan harga terjangkau.

Waduh, Agenda Kunjungan Panglima TNI ke Solo Mendadak Ditunda

Kunjungan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ke Solo ditunda besok.

Gibran Sebut Capaian Vaksinasi Covid-19 di Solo di Atas 60%, Siap Sinergi dengan Daerah Lain

Gibran menjelasnya biasanya vaksinasi massal yang diadakan Pemkot Solo menggandeng pihak ketiga sehingga prosesnya sangat cepat.

Duh, Tim Beregu Campuran Panahan Indonesia Terhenti di Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020

Riau Ega Agatha Salsabilla/Diananda Choirunisa dikalahkan pasangan Turki, Mete Gazoz/Yesemin Anagoz, di perempat final dengan skor 2-6.

Raih Medali Pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, Ini Profil Windy Cantika Aisah

Puncak prestasi Windy Cantika Aisah pada 2019 terjadi di SEA Games 2019 ketika memecahkan rekor dunia di kelas 49 kg junior dengan total angkatan 190 kg.