SOLOPOS.COM - Pelatih Korea Selatan Paulo Bento menyalami anak asuhnya di ajang Piala Dunia 2022. (Twitter @PsoccerCOM)

Solopos.com, JAKARTAPaulo Bento mengundurkan diri sebagai pelatih Korea Selatan (Korsel) setelah tersingkir dari Piala Dunia 2022. Korsel kalah 1-4 dari Brasil pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadium 974, Qatar, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB.

Pada laga itu Korsel kebobolan 4 gol di babak pertama. Tim Samba berpesta gol lewat Vinicius Junior, Richarlison, Neymar, dan Lucas Paquetá. Pada babak kedua, Korsel hanya mampu memperkecil ketinggalan melalui gol Park Seung-ho.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Hasil minor itu menghentikan langkah Korsel di ajang Piala Dunia 2022. Dengan gagalnya Korsel, praktis tidak ada sama sekali perwakilan Asia di Qatar setelah Jepang dan Australia juga tersingkir di babak yang sama.

Baca Juga: Skenario 16 Besar Maroko vs Spanyol: Uji Efektivitas Tiki-Taka Luis Enrique 

Padahal, tim asuhan Paulo Bento telah tampil spartan di babak penyisihan. Taeguk Warriors menang dramatis di pertandingan terakhir Grup H melawan Portugal dengan skor 2-1.

Paulo Bento mengatakan telah memberi tahu para pemain dan presiden federasi sepak bola Korea Selatan terkait hal tersebut. Keputusan itu telah diambil Bento sejak September 2022.

“Saya hanya harus memikirkan masa depan dan itu tidak akan bersama Korea Selatan,” ujarnya dikutip Daily Mail pada Selasa (6/12/2022).

 Baca Juga: Data dan Fakta Menarik 16 Besar Maroko vs Spanyol: Potensi Kejutan Atlas Lions

Meskipun Korsel gagal melaju ke perempat final, namun Bento mengapresiasi semangat juang anak asuhnya selama berlaga di Piala Dunia 2022. “Mereka telah memberikan yang terbaik dan saya sangat senang serta bangga telah menjadi pelatih mereka,” ungkapnya.

Pelatih berusia 53 tahun itu telah mengambil alih kursi kepelatihan Taeguk Warriors pada Agustus 2018. Sebelumnya, ia menjadi pelatih untuk klub di China, yakni Chongqing Lifan.

Bento juga pernah menjadi pelatih Timnas Portugal pada 2010 hingga 2014. Selain itu, ia menjadi pelatih beberapa klub seperti Sporting Lisbon dan Olympiacos.

Baca Juga: 16 Besar Piala Dunia 2022 Hari ini: Maroko vs Spanyol, Portugal vs Swiss

Bento menyusul sejumlah pelatih tim lainnya yang juga mundur setelah gagal di ajang Piala Dunia 2022. Pelatih Belgia Roberto Martínez mundur dari kursi kepelatihan karena gagal mengantarkan skuat Setan Merah melaju ke babak 16 besar.

Pelatih Meksiko Gerardo Tata Martino juga mundur seusai anak asuhnya gagal melaju ke 16 besar.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Kalah Telak dari Brasil, Pelatih Korea Selatan Paulo Bento Mundur

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya