SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Port Elizabeth--Setelah memastikan diri lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia 2010, Korea Selatan (Korsel) kini membidik babak semifinal seperti yang pernah mereka lakukan pada 2002 silam.

“Kami telah mencapai target pertama kami, masuk babak 16 besar. Setelah itu, setiap orang pasti bisa menebak target kami selanjutnya. Namun saya tahu bahwa para pemain segera menata target yang lebih tinggi,” ujar paltih Korsel, Huh Jung-Moo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya, para Park Ji-sung dkk tidak akan puas dengan raihan mereka saat ini. Terutama mengingat prestasi tertinggi mereka hingga putaran kedua pada 2002, saat Korsel menjadi tuan rumah Piala Dunia bersama Jepang.

“Mereka tidak akan terpuaskan sekarang dengan hanya memperoleh peningkatan. Mereka akan menginginkan sampai ke semi final,” tuturnya.

Korsel pada laga pertama babak penyisihan grup mengalahkan mantan juara Eropa, Yunani, 2-0. Meskipun di laga kedua harus menyerah kalah 1-4 dari Argentina, Korsel berhasil mempertahankan posisi imbang 2-2 dengan Nigeria, untuk memastikan tiket ke 16 besar.

“Untuk kali pertama kami meraih 16 besar di Piala Dunia di luar negeri. Saya sangat bangga dan sangat gembira. Saya rasa, semua pemain telah mengerahkan seluruh potensi mereka dan kami tak terintimidasi sama sekali,” tandasnya.

Hal senada diungkapkan kapten Korsel, Park Ji-sung, yang turut menyumbangkan gol kemenangan atas Yunani. “Ini adalah kali pertama bagi kami lolos kualifikasi, jauh dari rumah. Kami sangat senang meraihnya di sini, di Afsel,” tutur <I>winger<I> klub Inggris, Manchester United ini.

“Semua pemain tahu betapa sulit hal itu dilakukan, namun saya bangga kepada seluruh pemain atas apa yang berhasil kami lakukan,” imbuhnya. Pengalaman Ji-sung saat bermain di Manchester United kala menghadapi pertandingan-pertandingan besar, bakal sangat membantunya dalam memperkuat skuat Korsel menghadapi Uruguay di fabe 16 Besar.

Pertandingan antara Korsel melawan Uruguay pun bakal ditayangkan langsung melalui sebuah layar raksasa di Seoul. Bahkan, Presiden Lee Myung-bak pun turut menyampaikan pesan selamat atas keberhasilan skuat Korsel sejauh ini.

“Kami sangat bangga atas kalian. Saya bergabung dengan seluruh rakyat untuk menyampaikan selamat kepada kalian karena telah berhasil mencapai 19 besar untuk kali pertama dalam Piala Dunia di luar negeri,” tutur Lee seperti dikutip koreatimes.co.kr, Kamis.

JIBI/SOLOPOS/nap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya