SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor melintas di kawasan Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (7/9/2017). Dinas Perhubungan DKI Jakarta menunda uji coba penerapan kebijakan pembatasan motor dari Thamrin hingga Sudirman. (JIBI/Solopos/Antara/Muhammad Adimaja)

Kakorlantas mempertanyakan rencana Anies Baswedan mencabut larangan sepeda motor melintas di sejumlah jalan di Jakarta.

Solopos.com, JAKARTA — Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Pol Royke Lumowa tidak setuju dengan rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang hendak mencabut larangan sepeda motor melintas di Jl. Jenderal Sudirman hingga M.H. Thamrin. Larangan itu diterapkan pada era gubernur sebelumnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya, mengizinkan pemotor untuk melintas di jalur tersebut berarti tidak mendukung pembudayaan penggunaan transportasi umum. “Kalau motor boleh diberlakukan melintas di sana sama saja tidak membudayakan,” katanya, Senin (13/11/2017).

Dia menambahkan timbulnya tiap kebijakan seharusnya ada faktor sebab dan akibatnya. Dia juga mengaku yakin Pemprov DKI telah mempertimbangkan faktor-faktor yang ada. Namun, dia masih belum mengetahui apa alasan Anies mewacanakan kebijakan tersebut.

Terlepas dari hal tersebut, menurutnya untuk kota besar seperti Jakarta mengedepankan penggunaan transportasi umum harus menjadi yang utama. “Ya kalau itu mengenyampingkan angkutan umum gak setuju, tetap harus mengutamakan angkutan umum, angkutan umum harus dibesarkan,” tegasnya.

Selain membudayakan transportasi umum, ukuran kendaraan juga menjadi perhatian lain. Penggunaan transportasi massal yang bisa mengangkut banyak orang sekaligus juga dianggap menjadi solusi seperti penggunaan bus-bus besar atau kereta api dengan daya tampung gerbong lebih besar.

“Terus, nomor dua adalah kendaraan umum harus dibesarkan seperti dulu di zaman Hindia-Belanda. Dulu kita banyak kereta api, banyak rel kereta api, tapi di zaman Orde Lama ditinggalkan, diteruskan dengan zaman Orde Baru,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya