Koreografi di Halaman Rektorat Meriahkan Wisuda UNS Solo
Perwakilan wisudawan UNS Solo bersiap memeragakan koreografi di halaman rektorat setempat untuk memeriahkan wisuda periode IV/2020, Sabtu (15/8/2020). (Solopos-Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO--Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo kembali menggelar wisuda di masa pandemi Covid-19, Sabtu (15/8/2020). Seperti halnya pada wisuda periode IIII/2020, pada periode IV kali ini UNS juga mengadakan prosesi dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring).

Para lulusan yang diwisuda daring mengikuti prosesi dari tempat masing-masing, sedangkan wisudawan luring mengikuti jalannya prosesi wisuda di kompleks Gedung Rektorat UNS. Wisudawan luring ini terdiri atas 17 lulusan terbaik dari masing-masing fakultas/program di UNS.

Pada wisudawan luring ini selain mengikuti acara pembacaan wisudawan dan sambutan-sambutan di auditorium, sebelumnya juga unjuk kebolehan membawakan kreasi koreografi di halaman rektorat. Dengan membawa bendera almamater, mereka menari dan membentuk formasi-formasi tertentu sesuai tema koreografi Pemuda Berkarya Penggerak Indonesia Maju.

Tetap Waspada! Pegawai Jasa Pengiriman di Mojosongo Solo Positif Covid-19

Salah satu wisudawan yang menari ini adalah Meingga Mahening Nurwahridya asal Fakultas Hukum. Ingga yang juga keponakan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo ini pun terlihat tidak canggung memeragakan beragam gerakan tari tersebut.

Sebab ia memang sudah mempersiapkan diri dan selalu mengikuti latihan bersama peserta lain. “Cukup melelahkan sih latihannya, kadang sampai malam juga. Tapi tidak masalah,” ujarnya saat ditemui seusai wisuda.

Peraih indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,68 ini  merasa lega menyelesaikan studinya selama 3 tahun 11 bulan. Ia pun tidak buru-buru melanjutkan studi pascasarjana dan memilih untuk bekerja lebih dahulu. “Rencananya cari kerjaan dulu sih. Kepenginnya kerja di luar kota biar dapat banyak pengalaman. Nanti setelah itu baru kuliah lagi S2,” imbuh putri pertama dari tiga bersaudara ini.

Covid-19 Karanganyar: Tambah 3 Positif dari Colomadu dan Tasikmadu

 

Pesan Rektor

Sementara itu, dalam laporan wisuda, Wakil Rektor Bidang Akademik Ahmad Yunus mengatakan wisuda kali ini diikuti 1.186 lulusan dari program doktor, magister, pendidikan dokter spesialis, sarjana, dan diploma.

“Lulusan Program Doktor 31 wisudawan, Program Magister 102 wisudawan, Program Pendidikan Dokter Spesialis 31 wisudawan, Fakultas Ilmu Budaya [FIB] 36 wisudawan, FKIP 152 wisudawan, Fakultas Hukum [FH 143 wisudawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis [FEB] 198 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik [FISIP] 146 wisudawan, Fakultas Kedokteran [FK] 148 wisudawan, Fakultas Pertanian [FP] 70 wisudawan, Fakultas Teknik [FT] 46 wisudawan, Fakultas MIPA 71 wisudawan, Fakultas Seni Rupa dan Desain FSRD 8 wisudawan dan Fakultas Keolahragaan FKOR 4 wisudawan,” ujarnya.

Desa Wisata Ketenger Suguhkan Pemandangan Alam Bak Swiss

Rektor UNS, Jamal Wiwoho, berpesan kepada wisudawan agar mengutamakan keterbukaan, keberanian, dan kemauan dalam berjuang di tengah situasi ketidakpastian akibat pandemi Covid-19. “Tahun 2020 ini adalah tahun pembuktian bahwa sebenarnya saudara memiliki tingkat permulaan kecerdasan dan semangat yang tinggi, karena mampu menghadapi dua peristiwa penting sekaligus, yakni menuntaskan studi dengan hasil yang maksimal dan menjalani pola hidup baru yang tidak normal karena pandemi," ujar Jamal.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom