Korem Warastratama Bangun Rumah Sakit Lapangan Di Vastenburg Solo, Khusus Pasien Covid-19?
Danrem 074 Warastratama Kolonel (Inf) Rano Tilaar saat menggelar jumpa pers rumah sakit lapangan di Benteng Vastenburg Solo pada Jumat (15/1/2021). (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO -- Jajaran Korem 074 Warastratama Surakarta akan membangun rumah sakit lapangan atau rumkitlap di area Benteng Vastenburg Solo. Karena itu lah, personel gabungan membersihkan area tersebut hingga menemukan belasan ular pada Kamis (14/1/2021).

Rumkitlap rencananya untuk menangani pasien positif Covid-19 dari klasifikasi Orang Tanpa Gejala (OTG), gejala ringan, hingga gejala berat. Danrem 074 Warastratama Kolonel (Inf) Rano Tilaar saat dijumpai wartawan di Benteng Vastenburg pada Jumat (15/1/2021) mengatakan pada poinya rumkitlap merupakan rumah sakit yang pindah ke lapangan.

Dengan demikian, fasilitas kesehatan seluruhnya memadai seperti rumah sakit pada umumnya. Ia menjelaskan berdasarkan pemberitaan media beberapa waktu lalu angka infeksi Covid-19 Jawa Tengah termasuk tinggi dan Kota Solo menjadi penyumbang angka itu.

Hiii... Belasan Ekor Ular Ditemukan Di Area Benteng Vastenburg Solo

Menurutnya, hal itu karena rumah sakit Kota Solo menjadi rujukan dari wilayah lain Soloraya. Hal itu mendorong Kepala Staf Angkatan Darat mengalokasikan rumah sakit lapangan dalam area Benteng Vastenburg Solo.

“Pertimbangan pemilihan lokasi yakni hasil koordinasi kami dengan kepala daerah. Rumkitlap juga harus dekat dengan RST Slamet Riyadi. Para nakes rumkitlap merupakan para nakes organik RST Slamet Riyadi,” paparnya.

Ia menambahkan infrastruktur Benteng Vastenburg terlindungi tembok dan parit besar yang mengelilinginya. Harapannya hal itu dapat menepis keraguan masyarakat karena lokasi rumkitlap sangat ideal. Menurutnya, para Dandim wilayah wajib menyosialisasikan rumkitlap ke wilayah masing-masing.

SE Bupati Sukoharjo Direvisi, Usaha Kuliner Boleh Buka Sampai Pukul 21.00, Tapi...

Pengiriman Alat

Danrem menambahkan proses pengiriman alat operasional rumah sakit lapangan Benteng Vastenburg Solo itu rencananya pada 21 Januari mendatang. Sedangkan proses pembangunan fisik rumkitlap hingga beroperasi hanya butuh waktu tujuh hari.

Rumkitlap itu berkapasitas 100 bed dan 100 nakes yang bekerja dengan sistem sif. Danrem menyebut rumkitlap memprioritaskan pasien dari Soloraya. Namun, standar kemanusiaan seluruh pasien bisa mendapat pelayanan.

Perwakilan Vendor Pembangunan Rumkitlap, Edison, mengatakan ada 20 tenda dengan 12 fungsi seperti peralatan, komando, ICU, nakes, perawatan, laboratorium, UGD, dan Xray.

Kabar Duka: Sekretaris Disdikbud Sragen Meninggal dalam Kondisi Negatif Covid-19

Danrumkitlap Letkol Ckm Ardianto Pramono mengatakan rumah sakit lapangan Benteng Vastenburg memiliki fasilitas laboratorium. Ia memastikan peralatan rumkitlap canggih dan memadai.

Selain itu, meskipun berbentuk tenda, ruangannya dingin seperti rumah sakit umum. Sehingga penanganan pasien bergejala berat pun rumkitlap dapat menangani. Ia memastikan vendor telah menyiapkan sarana pengolahan limbah.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom