Tutup Iklan

Korean Red Cross Gyeongnam Chapter Ikut Bangun Sanitasi Banjarnegara

Palang Merah Indonesia Kabupaten Banjarnegara menggandeng Korean Red Cross Gyeongnam Chapter dalam program pembangunan sarana dan prasarana akses sanitasi dan air bersih di Desa Sirukem, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Korean Red Cross Gyeongnam Chapter Ikut Bangun Sanitasi Banjarnegara

SOLOPOS.COM - Dokumentasi kegiatan bakti sosial PMI Banjarnegara. (Antara-Istimewa)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Palang Merah Indonesia Kabupaten Banjarnegara menggandeng Korean Red Cross Gyeongnam Chapter dalam program pembangunan sarana dan prasarana akses sanitasi dan air bersih di Desa Sirukem, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

"Ini merupakan kegiatan bakti sosial yang ditempatkan di Desa Sirukem, Kecamatan Kalibening," ungkap koordinator lapangan sekaligus Wakil Komandan Korps Sukarela PMI Banjarnegara Heri Yulianto di Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (30/6/2019).

Kegiatan tersebut bertujuan sebagai upaya untuk mengentaskan permasalahan air dan sanitasi di wilayah sasaran. "Air bersih dan akses sanitasi yang layak merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat guna memperoleh kehidupan yang juga layak dan sehat," katanya.

Bakti sosial pembuatan sarana dan prasarana akses air bersih yang dilakukan merupakan rangkaian dari program water sanitation and hygiene (WASH) yang telah berjalan selama tiga tahun. "Ini merupakan rangkaian program WASH yang juga didukung sepenuhnya oleh Korean Red Cross.

Desa Sirukem, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah merupakan desa binaan program WASH yang telah berjalan dalam tiga tahun terakhir. "Dalam pelaksanaan di lapangan, PMI Banjarnegara bekerja sama dengan pihak desa serta elemen terkait dan utamanya adalah sukarelawan sibat PMI Desa Sirukem yang selama ini menjadi garda terdepan kegiatan promosi kebersihan, mitigasi bencana, dan kegiatan sosial kemanusiaan lainya di desa tersebut," katanya.

Bakti sosial akan dilaksanakan hingga sepekan ke depan. "Beberapa pekerjaan yang dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan tersebut, antara lain pemasangan pipa utama sepaniang 1.080 m, pembuatan sarana MCK umum, perbaikan sarana MCK masjid, perbaikan MCK sekolah, dan lain sebagainya," katanya.

Selain itu, kata dia, dilakukan juga pengerjaan pembuatan fasilitas cuci tangan di SD dan promosi kesehatan dengan segmentasi masyarakat sekitar. Dia berharap kegiatan tersebut juga dapat mendorong masyarakat membudayakan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. "Kami juga terus menyosialisasikan pentingnya pola hidup bersih dan sehat, termasuk pentingnya sanitasi yang baik," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Covid-19 Varian India di Kudus, Ini Langkah Gubernur Ganjar

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, meminta sejumlah pemerintah kabupaten di Jateng mencanangkan gerakan di rumah saja.

2 SMKN Jogja Ini yang Masuk Top 1.000 Sekolah Terbaik

Jogja punya sekolah menengah kejuruan negeri terbaik yang bisa lolos dalam Top 1.000 sekolah terbaik nasional berdasarkan nilai rerata TPS UTBK tertinggi pada tahun 2020.

Braak, Sepeda Motor Terjepit Seusai Tabrak Bus BST Dekat Flyover Purwosari Solo 

Kecelakaan lalu lintas antara Bus BST dan sebuah sepeda motor terjadi di Jl. Slamet Riyadi atau sisi timur Flyover Purwosari pada Minggu (13/6/2021)

Solo Uji Coba Angkutan Bus Listrik dan Bus Low Deck, Lewat Koridor Mana?

Bus listrik dan bus low deck segera diuji coba di jalanan Kota Solo, rencananya angkutan feeder juga akan diganti mobil bertenaga listrik.

Tradisi Memanggil Jin di Daerah Ini Jadi Atraksi Wisata

Tarian yang berisi tradisi memanggil jin ini telah menjadi bagian dari pertunjukan untuk menyambut tamu-tamu penting yang datang.

Tanpa Lelah, Petugas Rutin Sterilisasi Asrama Haji Donohudan Boyolali

Sterilisasi kawasan Asrama Haji Donohudan di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, terus dilakukan untuk menekan potensi persebaran Covid-19.

Tahu Bakso, Kudapan Khas Ungaran yang Bikin Nagih

Selain dikenal dengan lumpia dan juga bandeng presto, Semarang juga memiliki jajanan khas, yaitu tahu bakso yang aslinya berasal dari Kota Ungaran.

Covid-19 India di Kudus, Gubernur Ganjar Minta Petugas Lebih Waspada

Petugas yang menangani pasien Covid-19 di  Kudus meningkatkan kewaspadaan menyusul terdeteksinya persebaran Covid-19 varian India di sana.

2 Bulan Pelonggaran Kegiatan, Kasus Covid-19 di Wonogiri Tambah 1.200 Lebih

Selama dua bulan pelonggaran kegiatan warga di Kabupaten Wonogiri berlangsung, jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah lebih dari 1.200 orang.

Orang Tua Wajib Tahu, Ini Cara Menanamkan Pendidikan Karakter Anak

Pendidikan karakter yang dipahami secara parsial dan tidak tepat sasaran justru bersifat kontraproduktif bagi pembentukan karakter anak.

Pemerintah Dukung UMKM Banyumas dengan Dana Hibah

Pemerintah Kabupaten Banyumas menyalurkan dana pinjaman bergulir yang sudah merupakan program bantuan rutin kepada  pelaku UMKM.

Prabowo Sebut Belanja Alutsista Rp1,7 Kuadriliun Instruksi Jokowi

Menhan Prabowo Subianto menyebut Jokowi punya grand design pengadaan alutsista dengan perhitungan hingga 25 tahun untuk diwujudkan.