Tutup Iklan

Korban PHK Mau Ajukan Klaim JHT Kolektif di BP Jamsostek Solo? Begini Caranya

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja atau BP Jamsostek melayani pengajuan klaim JHT secara kolektif bagi para korban PHK dampak pandemi Covid-19.

 Ilustrasi buruh korban PHK. (Detik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi buruh korban PHK. (Detik.com)

Solopos.com, SOLO — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja atau BP Jamsostek Solo melayani pengajuan klaim jaminan hari tua atau JHT dari korban PHK secara kolektif.

Seperti diketahui, salah satu dampak pandemi Covid-19 adalah PHK pekerja dari berbagai perusahaan. Peningkatan jumlah pekerja kena PHK secara tidak langsung berimbas pada melonjaknya klaim JHT di BP Jamsostek.

BP Jamsostek membuat terobosan lewat pengajuan klaim secara kolektif. Kepala BP Jamsostek Kantor Cabang Surakarta, Rudy Yunarto, mengatakan BP Jamsostek terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan, khususnya klaim JHT.

Ketahuan Dapat Bantuan Dobel, 2 Warga Desa Purworejo Sragen Diminta Kembalikan BST Rp600.000

Salah satu terobosan yang digagas BP Jamsostek adalah klaim kolektif JHT untuk para korban PHK akibat pandemi Covid-19. Inisiatif ini ditujukan kepada perusahaan skala besar dan menengah yang terpaksa mem-PHK minimal 30 persen pekerjanya akibat Covid-19.

Dalam hal ini, perusahaan juga harus menjamin validitas data tenaga kerja sehingga proses klaim dapat dilakukan lebih cepat. Tahapan pengajuan klaim JHT secara kolektif ada enam.

Pertama, perusahaan mengeluarkan surat kuasa resmi untuk penunjukan perwakilan yang akan berkoordinasi dengan petugas BP Jamsostek. Kedua, perwakilan perusahaan membuat surat pernyataan tidak akan menyalahgunakan wewenang dalam pengajuan klaim JHT secara kolektif, dan diketahui oleh perusahaan.

Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 Sukoharjo Tambah Lagi, Kini Jadi 71 Orang

Ketiga, masing-masing peserta mempersiapkan semua dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk klaim JHT kolektif di BP Jamsostek. Peserta kemudian menghubungi perwakilan perusahaan yang ditunjuk.

Surat Pengantar

Keempat, perwakilan perusahaan membuat surat pengantar pengajuan klaim JHT secara kolektif, beserta data pekerjanya. Data ini terdiri dari nama, nomor handphone aktif, alamat email aktif , sebab klaim, dan checklist kelengkapan dokumen klaim.

Kelima, membuat surat berhenti bekerja massal dengan lampiran data berupa nama pekerja, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor peserta BP Jamsostek. Juga periode masa kerja masing-masing pekerja.

Polisi Selidiki Teror terhadap Tenaga Kesehatan di Sragen yang Tangani Covid-19

Keenam, membuat jadwal harian proses pengajuan klaim JHT kolektif bagi tenaga kerjanya, dan dikoordinasikan dengan petugas BP Jamsostek.

“Kami telah melakukan simplifikasi prosedur. Bentuk simplifikasi tersebut antara lain, verifikasi dengan video call hanya dilakukan pada peserta yang datanya masih sangat diragukan,” imbuhnya.

Selain itu, dalam upaya meningkatan kapasitas pelayanan di setiap kantor cabang, BP Jamsostek menambah jumlah personel yang bertugas memverifikasi berkas peserta. Hal itu termasuk memobilisasi dari unit kerja nonpelayanan.

Masuk RS Sudah Sesak Napas, Perempuan PDP Corona Asal Karangmalang Sragen Meninggal

Selain pengajuan klaim JHT kolektif, BP Jamsostek menyediakan fasilitas Lapak Asik offline di setiap kantor cabang. Ini bisa dimanfaatkan bagi peserta yang mengalami kesulitan mengakses Lapak Asik secara online.

Meskipun demikian, ia mengimbau agar sebisa mungkin peserta melakukan seluruh proses klaimnya dari rumah. Pengajuan dari rumah jauh lebih praktis dan terhindar dari risiko terpapar Covid-19.

“Terobosan ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan kecepatan peserta dalam melakukan klaim sehingga peserta tidak perlu menggunakan jasa pihak ketiga atau calo yang berpotensi mencuri data diri peserta,” jelasnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Tak Main-Main! Anak Muda Punya Peran Besar Tentukan Arah Presidensi G20

Kesempatan memperkuat perannya dalam Presidensi G20 kian besar karena penduduk Indonesia didominasi usia produktif.

HM Sampoerna Realisasi Investasi Rp2,3 Triliun, Ini Pesan Menko Airlangga

Penerimaan cukai sepanjang tahun 2020 mencapai Rp205,68 triliun dengan proporsi terbesar Cukai Hasil Tembakau sebesar Rp170,24 triliun atau naik sebesar 3,24%.

Kontribusi MMKSI Bagi Perjalanan Hidup Anak Panti Asuhan Saat Pandemi

Mitsubishi Children Program (MCP) adalah salah satu pilar dari tiga pilar CSR MMKSI yang membawahi program sosial MMKSI untuk kesejahteraan anak-anak, khususnya yang berada di panti asuhan.

Lebih Ngirit dan Aman, Ini Lur Sederet Keunggulan Kompor Induksi

Tidak hanya memberi banyak manfaat bagi rumah tangga, penggunaan kompor induksi juga dampak positif kepada pengurangan impor LPG.

Kinerja BPR dan BPRS Tetap Cemerlang Meski Pandemi

Industri BPR dan BPRS semakin selektif dalam penyaluran kredit atau pembiayaan di tengah persepsi tingginya risiko kredit, seiring dampak pandemi Covid-19.

7 Cara Jitu Bertransaksi Digital Biar Gak Kena Serangan Siber

Saat ini masih banyak masyarakat belum memahami bahaya serangan digital terutama di kehidupan finansialnya, padahal mereka tidak tahu kapan akan menjadi target serangan siber.

Beban Multipel Generasi Sandwich Atur Keuangan di Masa Pandemi

Orang tua yang tidak memiliki perencanaan finansial yang baik untuk masa tuanya akan berpotensi besar untuk membuat sang anak menjadi generasi sandwich berikutnya.

Gak Menang Aja Dapat Hadiah, Yakin Tak Mau Ikut Lomba Astra Ini?

Yuk ikuti Lomba Foto Astra 2021 dengan beragam hadiah menarik. Tenang, yang enggak menang juga dapat hadiah kok!

Prospek Cerah Bank Digital di Tengah Gurihnya Pasar Milenial

Bank digital diprediksi bakal berkembang signifikan seiring dengan kemudahan masyarakat dalam mengakses teknologi, sebaliknya jumlah bank konvensional diprediksi akan semakin sedikit.

Rp262,95 Triliun KUR Tersalurkan ke 6.962.882 UMKM

Realisasi KUR yang telah diberikan kepada 6.962.882 debitur ialah KUR Super Mikro sebesar Rp9,71 triliun kepada 1.104.567 debitur, KUR Mikro sebesar Rp165,86 triliun kepada 5.410.536 debitur.

Harga Minyak Goreng Melejit, BKPN Minta Pemerintah Beri Insentif

Harga minyak goreng yang beredar saat ini jauh melampaui harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah.

Laksanakan Putusan MK, Menko Airlangga Jelaskan Implementasi UU Ciptaker

Dibentuk 4 KEK baru yang telah berjalan dengan komitmen investasi lebih kurang Rp90 trilun dan saat ini terdapat berbagai komitmen investasi baru.

Melemah di Sesi Awal, IHSG Ditutup Menguat 46,74 Poin Awal Pekan Ini

IHSG dibuka melemah bergerak fluktuatif pada sesi pertama perdagangan saham, lalu pada sesi kedua, IHSG masih terus berada di teritori positif hingga penutupan bursa saham.

Nggak Ribet, Begini Cara Top Up Saldo Gopay Kamu

Gopay bisa digunakan untuk melakukan transaksi semua layanan Gojek dan ratusan rekan usaha, hingga mengirim atau menerima uang.

Rencana Kenaikan TDL Tahun Depan Diprotes, Dinilai Terburu-Buru

Kenaikan TDL yang tiba-tiba akan menyebabkan keterlambatan upaya antisipasi untuk menanggulangi dampak dari kebijakan tersebut.

Sasar Pelajar dan Mahasiswa, AXIS Dukung Vaksinasi Covid-19 di Sumbar

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melanjutkan komitmennya mendukung upaya pemerintah melawan pandemi Covid-19 di Indonesia melalui program vaksinasi bagi kalangan anak muda, pelajar dan mahasiswa.