SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesta miras. (Freepik.com)

Solopos.com, BANTUL — Satu lagi warga di Dusun Kowang, Puton, Trimulyo, Jetis, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, meninggal dunia karena menenggak minuman keras oplosan. Sehingga saat ini total ada tiga orang di dusun tersebut yang meninggal dunia setelah minum miras oplosan.

Satu warga yang meninggal itu bernama Ida Rusmanto, 49. Pria itu sebelumnya sempat dirawat di RSUD Panembahan Senopati selama 14 jam sejak Minggu (16/10/2022) pukul 08.00 WIB. Ida dinyatakan meninggal dunia pada pukul 22.00 WIB.

Promosi Asal-usul Watu Cenik Wonogiri dan Kisah Ceruk yang Dihuni Anak Macan

Kapolsek Jetis, AKP Hatta Azharuddin Amrullah, mengatakan  pada Kamis (13/10/2022) di Dusun Kowang sedang digelar hajatan pernikahan Donal yang merupakan adik kandung Daniel Krismanto, 24, korban meninggal akibat minuman keras oplosan.

Saat itu, Daniel bersama Ida Rusmanto dan Adam Ardiyansah menenggak habis miras dua botol plastik berukuran 400 mililiter.

Tak berselang kama, Kasihono, 42, pun datang ke lokasi pesta miras. Dia diminta untuk membeli miras satu botol dengan ukursan sama. Miras itu pun diminum habis berempat.

Baca Juga: Tenggak Miras Oplosan, Dua Pemuda Bantul Tewas & 3 Orang Lainnya Kritis

Kemudian, Muhamad Ihsan datang ke lokasi dengan membawa dua botol miras berukuran sama. Sebelum pulang, kelima orang tersebut menghabiskan dua miras tersebut.

Pada Sabtu (15/10/2022) sekitar pukul 05.00 WIB, Muhammad Ihsan ditemukan tak sadarkan diri di rumahnya. Ihsan kemudian dibawa ke Rumah Sakit Nurhidayah. Sekitar tujuh jam, kondisi Ihsan tidak mengalami perkembangan. Hingga akhirnya pada Sabtu siang, Ihsan dirujuk ke RS Hermina Yogyakarta.

Namun, setelah mendapat perawatan selama kurang lebih 3,5 jam, nyawa Ihsan tidak berhasil ditolong dan dinyatakan meninggal dunia.

Setelah Ihsan meninggal, giliran Daniel mengeluh sakit pada hari yang sama. Sekitar pukul 20.00 WIB, Daniel dibawa ke RS Nur Hidayah. Namun, tidak berselang lama, dia dinyatakan meninggal pada Minggu (16/10/2022) sekitar pukul 06.00 WIB.

Baca Juga: Perampokan Bantul, Nenek 90 Tahun Dimasukkan ke Mobil & Perhiasan Dilucuti

Pada hari yang sama saat Daniel meninggal dunia. Ida Rusmanto, Kasihono, dan Adam Ardiyansah mengeluhkan hal yang sama. Mereka bertiga kemudian berobat ke RSUD Panembahan Senopati.

Adam mendapat rawat jalan. Sedangkan Ida dan Kasiohono dirawat inap di rumah sakit. Pada pukul 22.00 WIB, Ida dinyatakan meninggal dunia. Sednagkan Kasihono masih dirawat di RSUD Panembahan Senopati.

Saat ini total warga yang meninggal akibat menenggak miras oplosan menjadi tiga orang, Daniel Krismanto, Muhamad Ihsan, dan Ida Rusmanto.

Hatta menjelaskan semua korban tersebut sebenarnya saling saudara. Seperti Daniel Krismanto yang merupakan sepupu Muhamad Ihsan.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Tol Jogja-YIA Kulonprogo, Pemerintah Siapkan Rp3,8 Triliun

Dia menuturkan gejala yang dialami korban meninggal dunia di RS Hermina dan RS Nur Hidayah hampir mirip, yakni mereka mengalami hilang kesadaran dengan jarak waktu yang tidak lama.

Mengenai kasus ini, Polsek Jetis telah melakukan penyelidikan dan penggeledahan terhadap terduga pelaku bernama Bobon, bukan nama sebenarnya, di rumahnya pada Minggu (16/10/2022) pukul 10.15 WIB. Namun polisi tidak menemukan miras oplosan di rumah pria 25 tahun itu. Bobon mengaku sudah lama tidak menjual miras.

Mengenai pemeriksaan korban, polisi belum melakukan. Hal ini karena informasi yang diberikan korban masih simpang siur akibat kesadaran mereka yang belum pulih sepenuhnya.

Baca Juga: Dituntut 11 Tahun Penjara, Kuasa Hukum Terdakwa Klitih: Ini Tak Adil!

Penyelidikan kasus ini terkendala akibat barang bukti yang didapat hanya dua botol bekas miras dengan sisa minuman sedikit.

“Tiga botol lain sudah diloakkan,” kata dia, Senin (17/10/2022).

Apabila Bobon terbukti sebagai penjual miras oplosan itu, Bobon akan terancam Pasal 204 ayat (1) dan ayat (2) KUHP tentang perbuatan melawan hukum karena menjual barang yang membahayakan jiwa dan kesehatan.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Pesta Pernikahan Berujung Petaka, Korban Tewas Miras Oplosan di Bantul Bertambah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya