SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jogja–Korban awan panas Merapi belum juga mendapatkan ganti rugi ternak mereka yang mati dan ternak yang hidup dari pemerintah. Ratusan orang pun menggelar aksi untuk menuntut penggantian.

Korban Merapi menamakan dirinya forum rakyat korban Merapi (Forkom). Mereka menggelar aksi di Kantor Gubernur DIY di Kepatihan, Yogyakarta, Senin (6/12).

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Massa datang dengan menumpang puluhan sepeda motor dan sekitar 15 truk. Beberapa aparat kepolisian dari Poltabes Yogyakarta dan Polres Sleman ikut mendampingi.

Saat menggelar aksi, semua peserta mengenakan ikat kepala merah bertuliskan Forkom. Mereka yang berdemo sebagian besar warga Desa Umbulharjo, Kepuharjo, Glagaharjo dan Argomulyo, Cangkringan, Sleman.

Selain menuntut pergantian ternak, mereka juga meminta agar pasir Merapi yang saat ini menimbun rumah warga dan di sungai untuk dikelola oleh warga. Saat ini pasir ditenderkan kepada perusahaan-perusahaan swasta.

“Kami warga sepakat agar pasir Merapi kita kelola bersama. Karena itu berarti memberikan pekerjaan pada kami,” ujar salah satu peserta aksi, Kemirah, warga Argomulyo.

Kemirah menambahkan, pihaknya juga menuntut secepatnya pembangunan rumah sementara bagi korban Merapi. “Kami juga meminta bangunan yang lebih baik. Jangan asal mengunakan kayu dan bambu yang masih muda karena itu hanya akan cepat lapuk,” kata Kemirah.

Hingga pukul 11.20 WIB korban Merapi masih berorasi. Beberapa orang perwakilan korban Merapi masih bertemu dengan Sekda Pemda DIY Tri Harjun. Rencananya setelah ini, mereka juga akan mendatangi kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menyampaikan tuntutannya.

dtc/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya