SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

TOKYO–Modal penting dikantongi Korea Selatan (Korsel), menyusul kemenangan away 2-0 kontra Jepang pada partai pemanasan Piala Dunia 2010 di Stadion Saitama, Senin (24/5) WIB.

Hasil memuaskan tersebut praktis mendokrak moral skuat Taeguk Warriors menyambut persaingan ketat di fase Grup B putaran final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Juni mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dengan selesainya kompetisi liga-liga Eropa, Korsel kemarin bisa menurunkan skuat terbaiknya. Begitu pula tuan rumah Jepang, kemarin diperkuat bintang mereka yang merumput di Benua Biru. Tapi ternyata tim tamu tampil lebih menggebrak.

Kapten Korsel, Park Ji-sung, menginspirasi tampilan gemilang di markas rival berat mereka, Jepang. Aksi solonya membuat jala Jepang sudah jebol ketika pertandingan baru memasuki menit keenam.

Gelandang Manchester United (MU) itu berhasil memperdaya tiga pemain lawan, sebelum akhirnya dalam suatu kesempatan Park melepaskan tendangan kaki kanan dari dekat kotak penalti ke arah pojok gawang bawah gawang Jepang.

Tim Samurai Biru, julukan Jepang, berusaha memburu gol balasan. Namun upaya mereka selalu kandas, bahkan sebaliknya Korsel justru mampu menambah keunggulan di pengujung laga.
Ketika pertandingan memasuki masa injury time, pemain pengganti Park Chu-yong berhasil mencetak gol kedua Korsel. Gol tersebut menegaskan Korsel memang layak memenangi partai pesahabatan di hadapan 57.000 penonton di Saitama.

Ini merupakan kemenangan kedua beruntun Korsel atas Jepang, hanya dalam tempo kurang dari empat bulan. Sedangkan rekor kandang Jepang semakin memprihatinkan. Skuat besutan Takeshi Okada telah mengalami tiga kekalahan home beruntun.

Kembalinya pemain-pemain yang merumput di Eropa, teruji belum mampu mengangkat performa Samurai Biru. Setelah dikejutkan gol Park di awal laga, Jepang sebenarnya mampu bangkit cepat, tetapi tak satu pun berujung gol balasan.

Pada menit ke-22, tim tuan rumah sempat mendapat peluang emas kala tendangan Yoshito Okubo menyamping tipis dari mistar gawang Korsel. Kans terbaik Jepang datang ketika pertandingan tersisa 14 menit.

Striker Takayuki Morimoto menerobos masuk ke kotak penalti dan melepaskan sebuah tendangan keras. Namun, upayanya dapat digagalkan kiper Korsel, Jung Sung-ryeong.
Dua kekalahan beruntun kontra Korsel ini jelas menjadi sinyal peringatan bagi Jepang menjelang putaran final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Tim Samurai Biru bakal berjuang di Grup E melawan Kamerun, Denmark dan tim kuat, Belanda. Kekalahan tersebut juga melukai harga diri Timnas Jepang, mengingat selama ini rivalitas mereka dengan Korsel sangat kental.

Korsel sendiri kini lebih optimistis menatap persaingan kontra Yunani, Argentina dan Nigeria di Grup B. Kedua tim raksasa Asia itu dijadwalkan bakal menjalani training camp di Eropa pekan ini, sebelum bertolak menuju Afrika Selatan.

JIBI/SOLOPOS/yms

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya