Korban Komplotan Pembobol ATM di Klaten Ternyata Seorang Polisi

Korban pembobolan ATM di Ngawen, Klaten, adalah anggota Polri. Kebetulan, saldo tabungan yang dimiliki korban tak terlalu banyak. Dari sana, polisi memperoleh informasi tentang komplotan Lawang Cs.

 (Espos/Ponco Suseno)

SOLOPOS.COM - (Espos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Korban dari komplotan pembobol kartu ATM yang berlokasi di depan Kantor Kecamatan Ngawen, Klaten, pada Jumat (27/8/2021), ternyata seorang polisi. Korban diketahui berinisial SP, 32, anggota polisi asal Kecamatan Jatinom, Klaten.

Aparat Polres Klaten meringkus dua dari empat komplotan pembobol kartu ATM di depan Kantor Kecamatan Ngawen, pada Jumat (27/8/2021) lalu.  Dua pelaku ditetapkan sebagai tersangka, sementara dua tersangka lain masuk daftar pencarian orang (DPO) dalam kejadian tersebut.

PromosiPentagon Buka Suara Soal UFO, Bukan Fiksi dan Jadi Ancaman Serius

Baca Juga: Komplotan Pembobol ATM di Klaten Diringkus, 2 Tersangka Berhasil Kabur

“Korban pengganjalan ATM di Ngawen adalah anggota Polri. Waktu itu, saldo yang dimiliki korban tak terlalu banyak. Dari sana, kami memperoleh informasi [tentang komplotan Lawang Cs],” ujar Kasatreskrim Polres Klaten, AKP Guruh Bagus Eddy Suryana, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, saat jumpa pers di Mapolres setempat, Senin (27/9/2021).

Aksi pembobolan ATM dilakukan dengan memanfatkan alat pengganjal kartu tersebut dilakukan komplotan yang terdiri dari Lawang alias Gendut, 30, warga Pasar Minggu, Jakarta Selatan; Fajri, 30, warga Sumatra; Bagas Pratama, 33, warga Blambangan, Kecamatan Buay Runjung, Kabupaten Oku Selatan, Sumsel dan Hengky Nasution, 24, warga Cikahuripan, Kelurahan Kalapanunggal, Kabupaten Bogor, Jabar.

Baca Juga: Pembobolan ATM Dokter dan Bidan Klaten, Begini Tanggapan Bank Jateng

Lawang Cs yang sudah beraksi enam kali membobol ATM di berbagai daerah berbeda di Tanah Air datang ke Klaten dari Jakarta setelah menempuh perjalanan darat selama dua hari. Tiba di Klaten, Lawang Cs langsung beraksi di ATM Bank Jateng di depan kantor Kecamatan Ngawen, Jumat (27/8/2021).

Lawang dan Fajri bertugas mengganjal lubang ATM dengan mika transparan. Sedangkan, Bagas dan Hengky berperan sebagai perusak ATM untuk mengambil kartu ATM milik calon korbannya.

“Hasil pendalaman, kami berhasil menangkap Bagas dan Hengky [di Sukoharjo]. Sedangkan dua pelaku lainnya masih buron, yakni Lawang dan Fajri,” kata AKP Guruh Bagus Eddy Suryana.

Baca Juga: Bidan dan Dokter Klaten Jadi Korban Pembobolan ATM, Ada yang Kehilangan Rp128 Juta

AKP Guruh Bagus Eddy Suryana mengatakan komplotan Lawang Cs diduga telah beraksi selama enam kali sebelum ditangkap polisi. Barang bukti yang disita dari dua tersangka yang sudah ditangkap, yakni buku ATM, obeng, ponsel, dan pakaian.

“Jadi modus yang dipakai Lawang Cs ini ada yang memasang alat pengganjal, ada yang merusak ATM dan ada yang mengawasi. Tersangka Bagas dan Hengky dijerat Pasal 363 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Pencurian dengan ancaman hukuman selama tujuh tahun penjara,” katanya.

Baca Juga: Bank Jateng Sebut Pembobolan Rekening 53 Nasabah Klaten Hanya di Satu Gerai ATM

Salah seorang tersangka, Bagas Pratama, mengaku butuh uang untuk membiayai orangtuanya yang sedang sakit di Padang. Ilmu membobol ATM dengan alat pengganjal ini diperoleh dari tersangka Lawang yang saat ini masih menjadi buronan.

“Saya juga bertugas mengawasi dari kendaraan saat teman lain beraksi di ATM. Sehari-harinya, saya bekerja sebagai buruh harian lepas,” katanya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

10 Prajurit TNI Membantu Local Strongman Mengelola Kerangkeng Manusia

+ PLUS 10 Prajurit TNI Membantu Local Strongman Mengelola Kerangkeng Manusia

Sepuluh orang prajurit TNI ditetapkan menjadi tersangka kasus penganiayaan dan penyiksaan penghuni kerangkeng manusia di rumah Bupai Langkat nonaktif, Provinsi Sumatra Utara, Terbit Rencana Peranginangin.

Berita Terkini

Tegas Lur! Ketahuan Merokok, Izin Pedagang & Komunitas CFD Solo Dicabut

Pemkot Solo bakal mencabut izin pedagang dan komunitas untuk beraktivitas di car free day atau CFD Jl Slamet Riyadi jika ketahuan merokok.

Job Fair Disnaker Wonogiri Diperpanjang, Sampai Kapan?

Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Wonogiri memperpanjang job fair hingga, Rabu (25/5/2022).

14 Anggota Perguruan Bela Diri Solo Pukuli Korban Gegara Konten Medsos

Aksi penganiayaan oleh 14 orang anggota perguruan bela diri di Solo ternyata dipicu unggahan konten gambar korban di media sosial.

Covid-19 Sukoharjo Turun, Tetap Taat Prokes Saat Berkumpul Ya Lur...

Dalam data yang disajikan DKK Sukoharjo yang diperbarui pada Sabtu (21/5/2022) jumlah kasus aktif Covid-19 hanya tersisa tiga orang di seluruh kawasan di Sukoharjo.

Gara-Gara Ini, Seluruh Pasar Hewan di Wonogiri Ditutup Sementara

Seluruh pasar hewan di Kabupaten Wonogiri ditutup sementara selama dua pekan mendatang.

PPDB TK, SD, SMP Kota Solo Akan Dimulai Tanggal Ini, Siap-Siap Ya!

Tahapan penerimaan peserta didik baru atau PPDB jenjang TK, SD, dan SMP di Kota Solo yang segera dimulai berlangsung secara online.

SDN 2 Bendo Pedan Gelar Karya Wisata, Ortu Siswa Wadul ke Disdik

Orang tua siswa SDN 2 Bendo, Kecamatan Pedan, mengajukan aduan ke Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten, Senin (23/5/2022). Aduan tersebut terkait rencana studi wisata yang akan dilaksanakan SDN 2 Bendo.

Wanita Katolik RI Karanganyar Tambah 4 Ranting Baru

WKRI DPC Karanganyar membuka empat ranting baru yakni di Jenawi, Kebakkramat, Tasikmadu, dan Mojogedang.

Pemotor Knalpot Brong Diserang, Polisi Solo: Jangan Main Hakim Sendiri

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengingatkan masyarakat untuk tidak main hakim sendiri terkait ulah pemotor pengguna knalpot brong yang meresahkan.

Masuk 100 Besar SMA Terbaik Nasional, Ini Tanggapan SMAN 1 Klaten

SMAN 1 Klaten masuk dalam 100 SMA terbaik tingkat nasional.

Cek Lur, Diskumindag Sediakan Toko Online Khusus UMKM Sragen

Diskumindag Sragen meluncurkan toko online yang khusus diperuntukkan bagi pelaku UMKM lokal Sragen menjual produknya. Nama toko online tersebut adalah tukonisragen.com.

13 Sapi Terinfeksi PMK, Pasar Hewan di Wonogiri Ini Ditutup Sementara

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menutup Pasar Pracimantoro selama dua pekan terhitung sejak, Selasa (24/5/2022).

Kisah Perjuangan Pengikut Diponegoro di Sejarah Waduk Mulur Sukoharjo

Waduk Mulur pernah direnovasi pada 1998, namun hal itu tak menghilangkan kesan produk kolonial Belanda dan masih tetap terjaga bentuk aslinya.

48 Los Untuk Pedagang Mebel Solo di Pasar Darurat, Ini Pembagiannya

Para pedagang mebel pindahan dari Gilingan menempati 48 los yang terbagi di dua lokasi di Jl DI Panjaitan dekat Pasar Legi Solo.

Gara-Gara Stiker Di Helm, Puluhan Pemuda Serang Muda-Mudi Di Solo

Puluhan pemuda diduga serang sepasang muda-mudi di Jl Ir Juanda, Jebres, Solo, beberapa waktu lalu, tiga pelaku tertangkap.