SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Jumlah korban kecelakaan terus meningkat setiap tahun. Dari catatan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyebutkan, dalam enam bulan terakhir tercatar 10.976 orang tewas, 15.168 luka berat, dan 45.068 luka ringan akibat 42.602 kecelakaan lalu lintas (lalin). Kepala Korlantas Polri Irjen Djoko Soesilo mengakui, jumlah kecelakaan terus meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2010, sebanyak 34.338 kecelakaan dengan korban tewas 10.150 orang, 13.450 luka berat dan 33.086 luka ringan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Diungkapkan Djoko, 29 % dari peristiwa kecelakaan tersebut menimpa motor. Menurutnya, peringkat kecelakaan tertinggi terjadi di Jateng, Jatim, Jogyakarta, dan Jakarta. Jateng dan Jatim rata-rata kecelakaan sekitar 1.000 kejadian per bulan. Bahkan, bulan Maret, tedapat 1.567 kejadian di Jateng dan 1.221 kejadian di Jatim, atau sekitar 40-50 kejadian kecelakaan per hari. Oleh karena itu, akan dicanangkan 12 rencana keselamatan nasional yang merupakan kerja sama Kementrian Pendidikan, Perdagangan, Perhubungan, dan lainnya di bawah koordinasi Wapres. Rencana keselamatan itu antara lain mencegah kecelakaan lalu lintas, mengenalkan aturan lalu lintas, dan menjaga keselamatan sejak dini. [miol/dev

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya