Korban Cabut Laporan, Kasus Pengeroyokan Anggota TNI di Salatiga Disetop

Pratu RW, anggota TNI di Salatiga yang menjadi korban pengeroyokan lima preman mencabut laporannya ke polisi.

 Ilustrasi pengeroyokan. (laskar-suzuki.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengeroyokan. (laskar-suzuki.com)

Solopos.com, SALATIGA — Anggota TNI di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), Pratu RW, memutuskan untuk mencabut laporan penganiayaan atau pengeroyokan yang dialaminya pada awal September lalu.

Hal itu diungkapkan Kasat Reskrim Polres Salatiga, AKP Nanung Nugroho Indaryanto, kepada wartawan di Salatiga, Kamis (6/10/2022). Dengan dicabutnya laporan tersebut, satu orang pelaku yang telah ditetapkan sebagai tersangka, AF, 22, warga Temanggung pun dibebaskan.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

“Dari pihak pelapor sudah mencabut laporan. Jadi kasus dihentikan. Tersangka kebetulan masa penahannya sudah habis, jadi langsung dibebaskan,” jelas Nanung.

Kasus pengeroyokan terhadap anggota TNI yang bertugas di Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis Raider 411/Pandawa/6/2/Kostrad Salatiga ini terjadi pada 1 September 2022. Kala itu, Pratu RW yang tengah memboncengkan istri yang hamil enam bulan dikeroyok lima orang pemuda di Pasar Bauran, Kota Salatiga.

Pasca-pengeroyokan itu, rekan-rekan Pratu RW marah. Mereka pun mencari dan membawa kelima pelaku ke markas Yonif 411 Salatiga. Setelah dibawa ke markas TNI, satu dari lima tersangka meninggal dunia meski sempat dirawat di RST dr Asmir.

Baca juga: Pelaku Pengeroyokan Anggota TNI di Salatiga Tewas, 13 Tentara Jadi Tersangka

Tersangka yang meninggal dunia itu adalah AWP yang juga warga Temanggung. Sementara empat pelaku lainnya mengalami luka-luka.

Terkait meninggalnya satu pelaku pengeroyokan anggota TNI di Salatiga itu proses hukum tetap berjalan. Bahkan, diberitakan Solopos.com beberapa waktu lalu, Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak menyebut sudah ada 13 anggota TNI yang telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus meninggalnya pelaku pengeroyokan Pratu RW di Salatiga itu.

“[Berkas] sudah berjalan. Di tentara, prosedur begitu berjalan. 13 tersangka kan ada sidangnya nanti. Siapa yang mukulin, siapa yang aniaya. Kan kalau ada begini, terus salah semua, kan enggak juga,” kata Maruli.

Baca juga: Kronologi Pengeroyokan Anggota TNI di Salatiga

Menurut Maruli, peristiwa tersebut terjadi lantaran anggota TNI emosi mendengar kawannya dikeroyok oleh lima orang preman. Mereka lantas mencari kelima preman itu dan membawa ke kesatuan untuk diberikan pelajaran.

”Ya maksudnya biar kapok. Cuma saya lihat kondisinya yang dipukuli itu, kondisi mabuk. Mungkin memang badannya sudah payah, dipukul juga meninggal,” jelasnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pemkot Salatiga Raih 2 Penghargaan di Akhir 2022, Ini Daftarnya

      Government Entrepreneurial Marketing Awards merupakan sebuah bentuk apresiasi yang diharapkan dapat membantu memperkenalkan inovasi, kreativitas, interpretasi dan benefit yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia

      Terekam CCTV, Siswa SMK di Semarang Serang Sekolah Lain dengan Sajam

      Sebanyak empat siswa SMK Negeri 10 Semarang ditangkap lantaran melakukan penyerangan atau memicu tawuran dengan menggunakan senjata tajam kepada siswa SMKN 3 Semarang.

      Drama My Superhero Tomato SD Kristen Satya Wacana Ingatkan Pola Hidup Sehat

      My Superhero Tomato bercerita tentang perjuangan untuk hidup sehat. Beraneka jenisnya makanan, jika tidak diimbangi pola hidup sehat akan menjadi sumber penyakit.

      Berenang di Sungai Bogowonto, Seorang Lansia Purworejo Hanyut

      Seorang warga lanjut usia (lansia) dilaporkan hanyut dan tenggelam saat berenang di Sungai Bogowonto, Purworejo.

      Wuiihhh Keren! Peralatan Makan dari Kayu Buatan Jepara Tembus Pasar Dubai

      Peralatan makan berbahan kayu buatan perajin asal Jepara yang mampu tembus pasar Timur Tengah atau Dubai dipamerkan di Kota Semarang.

      Program Matching Fund, Dosen UKSW Ciptakan Aplikasi eRumputTernak

      program matching fund ini dilaksanakan melihat masalah yang dihadapi usaha perternakan, antara lain jumlah produk belum mampu memenuhi kebutuhan pasar dan pelangan, terbatasnya lahan produksi, serta harga bahan baku complete feed cukup mahal.

      Si Baja, Animasi Belajar Budaya Jawa Karya ISI Jogja Dikenalkan di Salatiga

      Film animasi Si Baja mendapat dukungan Program Matching Found Vokasi Kedaireka Kemendikbudristek.

      Simak! Ini Skenario Rekayasa Lalu Lintas saat Pernikahan Kaesang-Erina

      Begini rekayasa lalu lintas yang disusun Polda DIY saat pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Sleman, Yogyakarta.

      UMK Kota Semarang Tertinggi di Jateng, Begini Reaksi Buruh

      Serikat pekerja atau buruh yang tergabung dalam KSPN Jateng menilai kenaikan UMK di Kota Semarang tahun 2023 belum sesuai dengan kebutuhan hidup layak (KHL).

      Pasar Ngaliyan Kota Semarang Kebakaran, 10 Kios Hangus

      Kebakaran melanda Pasar Ngaliyan di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), pada Kamis (8/12/2022) sore dan menghanguskan sejumlah kios.

      Ganjar Sebut Kerja di KIK Gaji di Atas UMK Kendal

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyebut gaji karyawan yang bekerja di Kawasan Industri Kendal atau KIK lebih besar dari UMK Kendal.

      Imbas Kecelakaan Bus di Sarangan, Pemilik Bus Wisata Mulai Sulit Cari Pelanggan

      Pelaku jasa perjalanan wisata mengeluhkan adanya kekhawatiran masyarakat untuk menggunakan bus pariwisata imbas kecelakaan maut di Sarangan.

      Suap Dosen UIN Walisongo, 8 Kades di Demak Duduk di Kursi Pesakitan

      Sebanyak delapan kades di Demak, Jateng, menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Semarang atas kasus dugaan suap kepada dosen UIN Walisongo Semarang.

      Kenaikan UMK 2023 di Semarang Tertinggi se-Jateng, Capai Rp225.327

      Kenaikan UMK tertinggi di Jawa Tengah atau Jateng untuk tahun 2023 berada di Kota Semarang, yakni sekitar 7,95% atau Rp225.327,49.

      Dies Natalis ke-63, FH UKSW Ajak Bekerja Bersama Satu Keluarga

      FH UKSW meraih akreditasi A menuju unggul adalah pekerjaan bersama.

      Penampilan Pianis Belanda Yang Yang Cai Pukau Penonton di UKSW

      Alunan musik yang begitu indah selama kurang lebih 90 menit membuat penonton yang antusias selama mengikuti konser. Bahkan memberikan standing ovation di penghujung konser.