SOLOPOS.COM - Ilustrasi gerakan koperasi (Bisnis.com)

Koperasi Ngawi sebagian tak lagi aktif operasi alias mati suri.

Madiunpos.com, NGAWI — Ratusan koperasi di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur berstatus tidak aktif akibat kepengurusan yang tidak memadai dan tidak melakukan rapat anggota tahunan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian Ngawi, Sofyan, menyebutkan dari sekitar 500 koperasi, sebanyak 250 koperasi di antaranya tidak aktif atau mati suri. “Alasannya mungkin banyak. Di antaranya karena kepengurusan yang berjalan tidak optimal sesuai aturan berlaku,” ujarnya sebagaimana dipublikasikan Kantor Berita Antara, Sabtu (20/2/2016).

Menurut dia, ratusan koperasi yang tidak aktif tersebut kondisinya belum dibubarkan. Mengingat banyaknya koperasi yang tidak aktif, pihaknya akan melakukan inventarisasi dan identifikasi ulang pada masing-masing koperasi yang ada.

“Koperasi yang sudah terdaftar tersebut akan dipilah, mana yang masih aktif dan mana yang sudah mati atau tidak aktif,” lanjutnya.

Bagi ratusan koperasi yang tidak aktif tersebut, sesuai aturan pemerintah harus dibubarkan. Hal itu bertujuan untuk mendorong keberadaan koperasi yang sehat dan berkualitas.

Indikator sehat atau tidaknya suatu koperasi, di antaranya dilihat dari sisi kepengurusan, keuangan, kegiatan, serta sarana dan prasarana yang dimiliki.

Koperasi yang aktif nantinya akan diberikan nomor induk. Hal itu untuk mempermudah pengawasan dari pemerintah. Sedangkan koperasi yang tidak aktif akan dibubarkan.

Data Kemeterian Koperasi dan UKM menyebutkan, dari total 209.488 koperasi yang ada di tanah air saat ini, sebanyak 62.239 unit di antaranya berstatus tidak aktif dan telah dibekukan.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya